Sejarah 'Lamborghini Automobili' secara resmi dimulai pada
tahun 1963. Meskipun demikian, kita harus mempertimbangkan akar yang jauh dari
acara ini, dan mereka adalah akar dari Ferruccio Lamborghini. Dilahirkan pada
tahun 1916, Taurus yang mampu, cepat, berkemauan keras ini adalah karakter
utama dalam fondasi perusahaan dan fase awal dari sejarahnya yang luar biasa.
Pada saat ia memutuskan untuk membangun pabrik mobil sport
mewah, Ferruccio sudah menjadi orang yang sangat kaya. Pada periode setelah
Perang Dunia II, ia mendirikan pabrik traktornya, yang ia luncurkan dengan
energi dan tekad kuat, menciptakan titik acuan utama dalam industri ini.
Bisnis-bisnis lain menyusul, dan ia mengumpulkan kekayaannya pada waktu yang
tepat, sebelum ulang tahunnya yang kelima puluh. Pada awal tahun enam puluhan,
Lamborghini adalah pria yang kuat dan sukses yang tahu persis apa yang dia
inginkan, tetapi ketika dia mengatakan akan membangun mobil sport super untuk
bersaing dengan Ferrari, banyak orang berpikir dia gila. Membangun mobil
semacam itu dipandang sebagai pemborosan yang tidak dapat dijelaskan, lompatan
berbahaya dalam kegelapan, dan sesuatu yang akan menghambur-hamburkan
kekayaannya tanpa pernah menghasilkan keuntungan.
Dia mulai mengerjakan proyek ini pada akhir 1962, dan pada
Mei 1963 dia telah mendirikan 'Automobili Ferruccio Lamborghini', membeli
sebidang tanah besar di Sant'Agata Bolognese, sekitar 25 kilometer dari
Bologna, untuk membangun pabrik besar dan modern yang baru. . Karena pengalaman
yang diperolehnya dengan perusahaan lain, ia berada dalam posisi untuk
mendirikan fasilitas terbaik untuk tujuannya: struktur yang sangat fungsional
yang, pada saat itu, tidak tertandingi di bidangnya. Bangunan pusat yang besar
dan bagus itu berdekatan dengan gedung kantor, sehingga manajemen dapat terus
memantau situasi produksi. Ini ideal untuk Lamborghini, yang sering menggulung
lengan bajunya dan bekerja pada mobil secara pribadi ketika dia melihat sesuatu
yang tidak dilakukan seperti yang dia inginkan.
Model pertama secara alami dikeluarkan dengan cepat,
mengingat bahwa Lamborghini hanya memiliki beberapa bulan antara waktu ia
memutuskan untuk membangun pabrik dan tanggal yang ditetapkan untuk presentasi
resmi. Acara yang dipilih untuk ini adalah pertemuan tradisional era itu,
Pameran Mobil Turin dijadwalkan untuk awal November 1963. Karena Lamborghini
memiliki gagasan yang sangat jelas tentang apa yang diinginkannya, ia tidak
membuang waktu mencari orang yang tepat. Untuk mesin, yang harus menjadi V12
terbaik yang dibuat di daerah - dan dengan demikian di dunia - ia segera
beralih ke Giotto Bizzarrini, yang telah merancang beberapa mesin terbaru
Ferrari. Untuk sisa mobil dan memulai produksi, ia mempekerjakan dua insinyur
muda yang menjanjikan, Giampaolo Dallara dan Giampaolo Stanzani. Ini adalah
usaha yang cukup besar dan waktunya singkat. Namun demikian, ketika 350 GTV,
disajikan, itu sudah merupakan mahakarya.
Dalam retrospeksi, 1964 adalah tahun yang luar biasa. 350 GT
lahir. Cabang langsung dan hampir tak terhindarkan dari 350 GT, dimana 120
dibangun, adalah 400 GT. Mesinnya ditingkatkan menjadi model empat liter dan
menampilkan gearbox pertama yang dirancang oleh Lamborghini. Awalnya didasarkan
pada badan dua tempat duduk, yang kemudian berkembang menjadi 400 GT 2 + 2
dengan dua kursi sesekali di belakang dua kursi biasa, 400 GT mencapai angka
produksi keseluruhan yang terhormat dari 273 unit.
No comments:
Post a Comment