Sama seperti perjalanan udara
adalah bagian penting dari masyarakat modern, jadi Boeing adalah elemen
integral dalam industri penerbangan. Pada tanggal 15 Juli, Perusahaan Boeing
merayakan hari jadinya yang ke-100. Dalam rangka memperingati kesempatan itu,
AeroTime menyajikan serangkaian artikel, yang didedikasikan untuk pembuat
rencana AS. Yang pertama menggambarkan perjalanan seratus tahun Boeing ke
hampir setiap bandara komersial di dunia.
Pengembangan pesawat pengiriman
militer dan pengiriman surat
Perusahaan Boeing didirikan oleh
perintis penerbangan William Edward Boeing pada 15 Juli 1916. Perusahaan
tersebut berlokasi di Seattle, dan dinamai Pacific Aero Products Co., tetapi
namanya diubah satu tahun kemudian untuk menghormati pendiri. Pesawat terbang
pertama perusahaan, pesawat amfibi pelatihan dua tempat Model C, dirancang pada
November 1916.
Model C memiliki ponton utama
tunggal dan pelampung bantu kecil di bawah setiap sayap dan ditenagai oleh
mesin Curtiss OX-5. Ketika AS memasuki Perang Dunia pertama pada tahun 1917,
Angkatan Laut membeli 51 dari 56 pesawat amfibi yang dibangun, membuat
kesuksesan finansial pertama perusahaan model tersebut dan membangun kemitraan
jangka panjang dengan militer A.S.
Sepanjang tahun 1920-an, Boeing
mengembangkan banyak model pesawat terbang, baik untuk keperluan militer maupun
transportasi. Namun, pesawat komersial pertamanya, B-1, tidak digunakan untuk
mengangkut penumpang, karena perjalanan dari pantai ke pantai sering memakan
waktu lebih dari 24 jam untuk memulai. Sebaliknya, pesawat mengirim surat dan
Boeing memenangkan beberapa kontrak pengiriman utama dari Kantor Pos A.S. Untuk
mengoperasikan bisnis pos udara yang berkembang, perusahaan ini mendirikan
Boeing Air Transport pada tahun 1927, yang melahirkan United Airlines empat
tahun kemudian.
Dampak besar pada hasil WW2
Depresi Hebat memiliki efek luar
biasa pada industri penerbangan pada 1930-an, menunda produksi pesawat
komersial pertama yang sukses secara finansial. Hanya pada tahun 1939, saingan
Boeing, McDonnell Douglas Corporation menciptakan pesawat komersial pertama
yang menguntungkan, Douglas DC-3, yang digunakan untuk mengangkut lebih dari
90% pelancong udara AS pada awal WW2. Menanggapi Douglas DC-3, Boeing
mengembangkan 314 Clipper jarak jauh yang merupakan pesawat sipil terbesar pada
masanya. Itu menampilkan ruang ganti, salon makan dan mampu membawa 90
penumpang.
Keberhasilan di bidang
penerbangan yang dijadwalkan tidak berlangsung lama, ketika WW2 datang. Selama
perang, Boeing terutama memproduksi pesawat militer. B-17 "Benteng
Terbang" dan "B-29 Superfortress" adalah salah satu model Boeing
paling terkenal saat itu. B-29 memiliki jangkauan hebat yang fundamental dalam
memenangkan perang di wilayah Pasifik, sementara B-17 digunakan untuk misi
ketinggian di Eropa.
Pada musim semi 1944, produksi
pesawat militer Boeing meningkat pesat sehingga lebih dari 350 pesawat dibangun
setiap bulan, terutama oleh wanita, yang suaminya pergi berperang.
Menghubungkan kedua benua
Setelah WW2, kebutuhan akan
pembom militer turun dengan cepat karena sebagian besar pesanan dibatalkan,
membuat ribuan pekerja kehilangan pekerjaan di Boeing. Perusahaan berusaha
untuk pulih dari melambatnya permintaan dengan mengembangkan pesawat komersial
yang akan didukung oleh turbofan bukan baling-baling, dan akan dapat melintasi
Samudra Atlantik.
Boeing bukan satu-satunya
perusahaan yang menawarkan penerbangan trans-Atlantik. Perjalanan bisa
dilakukan British De Havilland Comet, French Sud Aviation Caravelle dan Soviet
Tupolev Tu-104. Oleh karena itu, pada tahun 1958, Boeing menciptakan 707 -
pesawat empat mesin, yang mampu mengangkut 156 penumpang pada rute
transatlantik. Karena perjalanan yang lebih singkat dan perjalanan yang lebih
nyaman, 707 dengan cepat memenangkan hati para penumpang. Model ini diikuti
oleh 727 trijet dan 737 twinjet, yang terakhir menjadi pesawat komersial
terlaris di dunia pada akhir abad ke-20.
Era Incredibles
Untuk mengimbangi peningkatan
penjualan pesawat, pada tahun 1966 Boeing memulai tantangan rekayasa yang
monumental - pembangunan Pabrik Everett. Terlepas dari kenyataan bahwa
fasilitas manufaktur adalah bangunan terbesar di dunia berdasarkan volume
(13.385.378 m3), itu dibangun hanya dalam 16 bulan oleh kelompok pekerja yang
sangat efisien, yang kemudian dijuluki "The Incredibles."
Pabrik Everett menjadi rumah bagi
pesawat jet berbadan lebar pertama Boeing 747, yang mampu mengangkut 490
penumpang - lebih dari dua kali lipat 707. Pesawat ini memiliki rekor kapasitas
selama 37 tahun dan terjual lebih dari 1.500 kali.
Di ambang kebangkrutan
Meskipun 747 memberikan monopoli
di segmen pasar berbadan lebar ini, awal tahun 1970-an sulit bagi produsen
pesawat - ia menghadapi utang $ 2 miliar dari 747 produksi. Selain itu, militer
AS mengurangi pengeluaran untuk Perang Vietnam, yang berarti lebih sedikit
pesanan pesawat militer untuk Boeing. Perusahaan itu berjuang sangat keras
hingga lebih dari setahun tanpa pesanan domestik dan harus memberhentikan sekitar
setengah dari karyawan.
Situasi ekonomi Boeing mulai
membaik hanya pada 1980-an, ketika permintaan lalu lintas udara meningkat.
Namun, persaingan untuk pesanan baru lebih keras karena Airbus, produsen
pesawat Eropa baru, muncul dengan A320. Sebagai tanggapan, Boeing mengembangkan
lorong tunggal 757, lorong ganda 767 dan meningkatkan 737.
Kembali ke atas
Tahun 1990-an membiarkan Boeing
untuk sepenuhnya mendapatkan kembali status keuangannya yang kuat. Perusahaan,
bersama dengan Lockheed, memenangkan pesanan dari Angkatan Udara AS untuk
pesawat tempur siluman F-22 Raptor bermesin ganda. Selain jet, Boeing
mengembangkan pesawat komersial 777 yang sangat sukses. "Triple
Seven" berbadan lebar adalah pesawat pertama yang dirancang oleh komputer
dan lebih dari 1000 dijual hingga hari ini. Akhir dekade ini dicatat oleh
akuisisi saingan lama.
Perusahaan gabungan ini
mempekerjakan sekitar 200.000 karyawan, sehingga total pendapatan lebih dari $
48 miliar pada tahun 1997. Sekitar $ 28 miliar dari jumlah tersebut berasal
dari Boeing dan $ 20 miliar dari McDonnell Douglas.
Milenium hemat bahan bakar
Milenium baru ditandai dengan
pengembangan pesawat mid-range 787 Dreamliner baru. Pesawat itu lebih ringan
dan lebih hemat bahan bakar daripada kebanyakan pesawat yang diproduksi dari
paduan aluminium karena hampir setengah dari pesawat dan sayap pesawat terbuat
dari serat karbon dan bahan komposit plastik. Awalnya dijadwalkan untuk memulai
layanan komersial pada tahun 2008, itu dikirim ke All Nippon Airways Jepang pada
tahun 2011. Pada tahun yang sama, Boeing telah menandatangani pesanan pesawat
komersial terbesar dalam sejarahnya, ketika Lion Air Indonesia memesan 201 737
MAX dan 29 737- 900ER pesawat seharga $ 21 miliar dengan harga daftar.
Selama sejarahnya, Boeing telah
melalui banyak hal: PHK besar-besaran, utang besar, persaingan sengit. Tetapi
abad yang lalu membuktikan bahwa perusahaan dapat beradaptasi dan berevolusi
untuk menghadapi tantangan. Dengan angka keuangan yang kuat, bersama dengan tim
ilmuwan, insinyur, dan karyawan cerdas lainnya, Boeing dengan bangga memasuki
abad kedua sejarahnya dan akan terus mendorong batas penerbangan.
Sejarah 'Lamborghini Automobili' secara resmi dimulai pada
tahun 1963. Meskipun demikian, kita harus mempertimbangkan akar yang jauh dari
acara ini, dan mereka adalah akar dari Ferruccio Lamborghini. Dilahirkan pada
tahun 1916, Taurus yang mampu, cepat, berkemauan keras ini adalah karakter
utama dalam fondasi perusahaan dan fase awal dari sejarahnya yang luar biasa.
Pada saat ia memutuskan untuk membangun pabrik mobil sport
mewah, Ferruccio sudah menjadi orang yang sangat kaya. Pada periode setelah
Perang Dunia II, ia mendirikan pabrik traktornya, yang ia luncurkan dengan
energi dan tekad kuat, menciptakan titik acuan utama dalam industri ini.
Bisnis-bisnis lain menyusul, dan ia mengumpulkan kekayaannya pada waktu yang
tepat, sebelum ulang tahunnya yang kelima puluh. Pada awal tahun enam puluhan,
Lamborghini adalah pria yang kuat dan sukses yang tahu persis apa yang dia
inginkan, tetapi ketika dia mengatakan akan membangun mobil sport super untuk
bersaing dengan Ferrari, banyak orang berpikir dia gila. Membangun mobil
semacam itu dipandang sebagai pemborosan yang tidak dapat dijelaskan, lompatan
berbahaya dalam kegelapan, dan sesuatu yang akan menghambur-hamburkan
kekayaannya tanpa pernah menghasilkan keuntungan.
Dia mulai mengerjakan proyek ini pada akhir 1962, dan pada
Mei 1963 dia telah mendirikan 'Automobili Ferruccio Lamborghini', membeli
sebidang tanah besar di Sant'Agata Bolognese, sekitar 25 kilometer dari
Bologna, untuk membangun pabrik besar dan modern yang baru. . Karena pengalaman
yang diperolehnya dengan perusahaan lain, ia berada dalam posisi untuk
mendirikan fasilitas terbaik untuk tujuannya: struktur yang sangat fungsional
yang, pada saat itu, tidak tertandingi di bidangnya. Bangunan pusat yang besar
dan bagus itu berdekatan dengan gedung kantor, sehingga manajemen dapat terus
memantau situasi produksi. Ini ideal untuk Lamborghini, yang sering menggulung
lengan bajunya dan bekerja pada mobil secara pribadi ketika dia melihat sesuatu
yang tidak dilakukan seperti yang dia inginkan.
Model pertama secara alami dikeluarkan dengan cepat,
mengingat bahwa Lamborghini hanya memiliki beberapa bulan antara waktu ia
memutuskan untuk membangun pabrik dan tanggal yang ditetapkan untuk presentasi
resmi. Acara yang dipilih untuk ini adalah pertemuan tradisional era itu,
Pameran Mobil Turin dijadwalkan untuk awal November 1963. Karena Lamborghini
memiliki gagasan yang sangat jelas tentang apa yang diinginkannya, ia tidak
membuang waktu mencari orang yang tepat. Untuk mesin, yang harus menjadi V12
terbaik yang dibuat di daerah - dan dengan demikian di dunia - ia segera
beralih ke Giotto Bizzarrini, yang telah merancang beberapa mesin terbaru
Ferrari. Untuk sisa mobil dan memulai produksi, ia mempekerjakan dua insinyur
muda yang menjanjikan, Giampaolo Dallara dan Giampaolo Stanzani. Ini adalah
usaha yang cukup besar dan waktunya singkat. Namun demikian, ketika 350 GTV,
disajikan, itu sudah merupakan mahakarya.
Dalam retrospeksi, 1964 adalah tahun yang luar biasa. 350 GT
lahir. Cabang langsung dan hampir tak terhindarkan dari 350 GT, dimana 120
dibangun, adalah 400 GT. Mesinnya ditingkatkan menjadi model empat liter dan
menampilkan gearbox pertama yang dirancang oleh Lamborghini. Awalnya didasarkan
pada badan dua tempat duduk, yang kemudian berkembang menjadi 400 GT 2 + 2
dengan dua kursi sesekali di belakang dua kursi biasa, 400 GT mencapai angka
produksi keseluruhan yang terhormat dari 273 unit.
Suara.com - Satu rumah di Jalan Cendrawasih Kelurahan
Pancuran Bambu Kota Sibolga Sumatera Utara dikabarkan dikepung Tim Detasemen
Khusus (Densus) Anti Teror 88, Selasa (12/3/2019)
Pengepungan dilakukan menyusul adanya ledakan yang diduga
kuat merupakan bom di sekitar lokasi tersebut.
“Rumah itu meledak sekitar pukul 15.30 WIB. Telinga saya
sempat berdengung ketika mendengar ledakan dan menciderai beberapa orang
termasuk diantaranya ada petugas,” kata seorang warga sekitar .
Menurut informasi yang dihimpun, Tim Densus 88 berupaya
mengamankan rumah yang diduga kuat dihuni oleh teroris di Jalan Cendrawasih.
“Kalau lebih jelasnya mengenai rumah yang meledak itu, saya
kurang tahu. Tapi rumah itu disebut milik keluarga Uppang,” tuturnya.
Sebelumnya, warga Kota Sibolga dikejutkan dengan ledakan
dahsyatyang terjadi di wilayah
tersebut. Ledakan tersebut terjadi tepat beberapa hari sebelum Presiden Joko
Widodo dijadwalkan berkunjung ke kota tersebut.
Hingga saat ini, belum diketahui pasti asal ledakan
tersebut, namun warga dilarang mendekati lokasi ledakan hingga radius 200
meter.
KITA PELAJARI tentang nenek
moyang kita dalam banyak hal. Tulang memberi tahu kami seperti apa rupa mereka.
Gigi mengungkapkan diet mereka. Alat, pot, seni, dan artefak lainnya menyimpan
cerita tentang budaya mereka. Kemudian, satu dekade yang lalu, genom kuno
pertama diurutkan, membuka jendela baru di masa lalu kita - yang menjanjikan
wawasan yang lebih intim.
Terobosan yang terkenal itu
mengungkapkan bahwa Neanderthal menjadi sangat nyaman dengan manusia. Sejak
itu, para ahli genetika telah menggali lebih banyak dan lebih banyak fosil
untuk bukti kebersamaan lintas-spesies di masa lalu. Penelitiannya tidak
mengecewakan. Tetapi dengan cara yang menarik, mereka mulai menendang sesuatu
yang tak terduga: genom tersembunyi di dalam adalah tanda-tanda leluhur yang
kita tidak pernah tahu ada. Para ahli genetika menyebut mereka
"hantu".
Kami tidak memiliki catatan fisik
tentang hominin purba ini - tidak ada tulang, tidak ada alat, tidak ada
arkeologis yang tersisa. Namun kode genetik yang mereka tinggalkan dalam
fosil-fosil hominin lain, dan pada manusia yang hidup juga, menawarkan wawasan
mendalam dan belum pernah terjadi sebelumnya tentang bagaimana spesies kita
terbentuk, dan seperti apa dunia pada saat itu.
Gagasan bahwa setiap sel kita
mungkin berisi fragmen kode genetik dari spesies yang punah telah ada selama
lebih dari satu dekade. Kemudian, pada tahun 2008, Svante Pääbo dan timnya di
Institut Max Planck untuk Antropologi Evolusi di Leipzig, Jerman, melakukan
langkah utama dalam menggoda DNA dari tulang Neanderthal yang berusia ribuan
tahun dalam jumlah yang cukup besar untuk diurutkan. Ini memberikan cara yang
jelas untuk mengetahui apakah Homo sapiens telah dibiakkan dengan Neanderthal
(Homo neanderthalensis): Anda dapat dengan mudah melihat dalam genom manusia
yang hidup untuk sekuens DNA dengan pola mutasi Neanderthal yang jelas. Studi
perbandingan ini mengungkapkan bahwa manusia purba memang telah kawin dengan
Neanderthal, dan tidak hanya sekali. Perkiraan saat ini adalah bahwa genom
setiap orang kecuali orang Afrika adalah antara 2 dan 4 persen Neanderthal.
alliances tak terduga
Di sini ada dua spesies yang
jelas berbeda, dipisahkan oleh evolusi hingga 700.000 tahun, namun sisa-sisa
kecenderungan seksual mereka ditangkap dalam DNA mayoritas orang yang hidup
hari ini. Terlebih lagi, segera muncul bahwa nenek moyang kita tidak hanya
melanjutkannya dengan Neanderthal.
Saat Pääbo selesai mengurutkan
genom Neanderthal, sebuah paket mendarat di mejanya. Itu berisi fragmen kecil
tulang jari dari pegunungan Altai di Siberia. Karya itu berusia 30.000 hingga
50.000 tahun dan dianggap berasal dari Neanderthal lain. Timnya mengalami
kejutan besar. Analisis DNA mengungkapkan sekelompok manusia purba yang sama
sekali baru, yang sekarang dijuluki sebagai Denisovans, yang terpisah dari
leluhur bersama Neanderthal sekitar 500.000 tahun yang lalu.
Sekali lagi, perbandingan dengan
genom manusia modern menunjukkan bahwa keduanya kawin. Studi genetik
mengungkapkan ini telah terjadi di Eurasia. Mereka juga menunjukkan bahwa orang
Denisova berkisar dari Siberia ke Asia Tenggara, dan bahwa setidaknya satu dari
gen mereka membantu orang Tibet modern untuk hidup di ketinggian. Gagasan bahwa
nenek moyang kita berhibridisasi dengan hominin lain pernah ditolak. Sekarang
mulai terlihat seolah-olah mereka akan kawin dengan manusia yang samar-samar.
Denisovans hampir seperti hantu:
kita memiliki satu tulang jari dan beberapa geraham sebagai bukti fisik
keberadaan mereka, tetapi tidak lebih. Kemudian pada tahun 2016, hantu sejati
muncul dari genom 44 individu yang tinggal di Timur Tengah antara 14.000 dan
3400 tahun yang lalu. DNA mereka memiliki penanda genetik yang mengindikasikan
kelompok berbeda dari H. sapiens kuno yang berbasis di wilayah itu lebih dari
45.000 tahun yang lalu. Anggota populasi ini sekarang dikenal sebagai Basal
Eurasia, dan mereka menghadirkan teka-teki. DNA mereka, yang masih ditemukan di
Eropa modern, tidak menunjukkan tanda-tanda kawin dengan Neanderthal. Ini
datang sebagai kejutan karena manusia leluhur dikawinkan dengan Neanderthal
segera setelah meninggalkan Afrika 60.000 tahun yang lalu dalam migrasi yang
akan menimbulkan semua orang dari warisan non-Afrika hidup hari ini.
Penjelasan yang paling mungkin
adalah bahwa segera setelah migrasi itu, sekelompok manusia menjadi terisolasi
sementara sisanya bertemu dan dikawinkan dengan Neanderthal. ”Jika Anda suka,
ini adalah cabang ketiga,” kata Chris Stringer dari Natural History Museum di
London - cabang yang berbeda dari manusia yang pernah tinggal di Afrika dan
yang secara bertahap menyebar ke seluruh Eurasia, Australia, dan akhirnya ke
orang Amerika. Karena tidak ada fosil yang diketahui milik orang Basal Eurasia,
mustahil - untuk saat ini - untuk mengatakan mengapa mereka terisolasi. Mungkin
hanya sampai di tempat mereka menetap, jauh dari kelompok lain. Atau mungkin
mereka mengembangkan perbedaan budaya. Apa pun itu, hantu-hantu ini tidak
bercampur dengan umat manusia selama ribuan tahun - cukup lama untuk
mengembangkan penanda genetik yang berbeda.
Penelitian Basal Eurasia
menunjukkan bahwa wawasan yang kaya tentang sejarah manusia dapat diperoleh
dari DNA saja. Tetapi, seperti studi Neanderthal dan Denisovan, studi ini
mengandalkan pada perolehan DNA dari fosil, sesuatu yang tetap merupakan
tantangan besar. DNA terdegradasi seiring waktu, sehingga diperlukan fosil
khusus dan keterampilan khusus untuk mengekstraksinya dari tulang yang sangat
tua, terutama yang telah menghabiskan ribuan tahun terkubur di iklim panas.
Namun, pada pertengahan 2000-an, para ahli genetika sudah mendiskusikan
pendekatan lain. Di antara yang lain, Jeffrey Wall, sekarang di University of
California, Los Angeles, dan Vincent Plagnol, sekarang di University College
London, menyarankan bahwa ada kemungkinan untuk menemukan tanda-tanda populasi
yang punah dalam DNA manusia modern, hanya dengan menggunakan statistik pintar
.
Gagasan luas adalah bahwa semua
DNA tunduk pada mutasi acak yang terakumulasi selama ribuan tahun dan
diturunkan dari generasi ke generasi. Dengan melihat pola mutasi dalam populasi
modern, dimungkinkan untuk menemukan segmen yang tidak cocok dengan pola H.
sapiens yang biasa. Ini diduga berasal dari populasi yang berevolusi secara
terpisah dari spesies kita sendiri selama ribuan tahun sebelum kawin dengan
manusia. Pemodelan statistik kemudian dapat menghasilkan perkiraan kapan dua kelompok
dikawinkan dan betapa berbedanya populasi lain dari nenek moyang kita.
Beberapa tahun terakhir telah
melihat beberapa upaya untuk menyempurnakan metode ini dan menerapkannya ke
Afrika - tempat kelahiran spesies kita dan latar belakang sepotong sejarah kita
yang hanya sedikit kita ketahui. Penelitian baru ini telah mengungkap
keberadaan setidaknya satu hantu kuno di benua itu.
Neanderthal Afrika?
Josh Akey di University of
Washington di Seattle, Sarah Tishkoff di University of Pennsylvania dan yang lainnya
telah menghabiskan waktu bertahun-tahun mengurutkan dan menganalisis genom
orang-orang Afrika modern yang termasuk kelompok-kelompok dengan akar leluhur
yang dalam, termasuk pengumpul-pemburu Baka dari Kamerun, dan Hadza dan Sandawe
dari Tanzania. Di dalam genom ini, mereka telah menemukan hamparan DNA yang
tampaknya berasal dari spesies hominin lain. Karena DNA ini hanya ditemukan
pada keturunan orang Afrika - bukan pada orang Eurasia - spesies hantu pasti
kawin dengan H. sapiens setelah migrasi ke luar Afrika 60.000 tahun yang lalu.
Faktanya, berdasarkan perhitungan tim, ini mungkin terjadi dalam 30.000 tahun
terakhir. Jika benar, ini sangat besar. Ini berarti bahwa hingga baru-baru ini,
setidaknya ada satu spesies hominin lain yang hidup bersama kita di Afrika.
Menurut Akey, bukti yang akan segera diterbitkan menunjukkan bahwa mungkin ada
lebih dari satu.
Hantu-hantu Afrika tampak berbeda
secara evolusioner dari manusia modern seperti halnya Neanderthal dan Denisova.
"Apa artinya itu adalah bahwa mereka mungkin berasal dari populasi Afrika
yang sama dengan yang dilacak oleh Neanderthal," kata Akey. “Jadi idenya
adalah bahwa 700.000 tahun yang lalu, ada populasi di Afrika yang memisahkan
diri dari garis keturunan manusia modern, keluar dari Afrika dan menjadi apa
yang kita kenal sebagai Neanderthal. Pada saat yang sama, ada perpecahan lain
di Afrika yang menjadi semacam Neanderthal Afrika. "
Siapa “Neanderthal Afrika” ini
adalah sebuah misteri. Satu petunjuk bisa berasal dari fosil yang Stringer
kerjakan untuk PhD-nya di tahun 1970-an: tengkorak Iwo Eleru dari Nigeria. Pada
usia sekitar 13.000 tahun, individu ini masih hidup sekitar satu milenium atau
lebih sebelum beberapa manusia pertama kali mulai bertani, namun ia memiliki
campuran aneh antara fitur modern dan primitif. Baru-baru ini, Stringer dan
Katarina Harvati di Universitas Tübingen di Jerman melakukan analisis baru
terhadap tengkorak. Ini menegaskan bahwa itu sangat aneh untuk usianya.
"Ini benar-benar menyerupai fosil sapiens awal daripada yang terlambat,
dan tentu saja tidak terlihat seperti orang Afrika baru-baru ini," kata
Stringer. "Kami menyarankan ini bisa menjadi contoh seorang Afrika yang
populasinya telah menerima introversi kuno ini." Dengan kata lain, itu
mungkin manusia yang leluhurnya dikawinkan dengan hantu Afrika.
Sampai sekarang, belum ada
hominin Afrika kuno yang memiliki urutan genomnya, jadi ada kemungkinan
sisa-sisa fisik hantu ini telah digali. Salah satu kandidat adalah Homo naledi,
spesies yang ditemukan pada tahun 2013 jauh di dalam sistem gua sempit di
Afrika Selatan. Fosilnya berumur sekitar 250.000 tahun, tetapi tidak ada yang
tahu berapa lama spesies ini bertahan. Namun, jika ditekan, Stringer akan
menaruh uangnya pada tersangka lain. "Taruhan saya adalah bahwa Homo heidelbergensis
adalah introgressor," katanya. Bukti yang tidak dipublikasikan baru-baru
ini menunjukkan bahwa spesies ini masih ada kurang dari 300.000 tahun yang
lalu, ketika manusia sudah muncul. Atau, hantu mungkin merupakan subpopulasi
dari H. sapiens yang, seperti Eurasia Basal, diisolasi dari populasi lain cukup
lama sehingga DNA anggotanya memperoleh penanda yang berbeda. "Bisa jadi
itu kasus 100.000 tahun yang lalu atau lebih, ada populasi yang berbeda dari
manusia modern secara anatomis di berbagai bagian Afrika," kata Tishkoff.
"Dan mungkin pada titik tertentu mereka bercampur satu sama lain dan
mungkin beberapa populasi mati."
Tishkoff berpikir akan
mengejutkan jika nenek moyang kita tidak kawin dengan hominin kuno lainnya di
Afrika. Namun, dia memperingatkan bahwa bukti hantu Afrika masih bersifat
sementara: karena kita tahu sedikit tentang sejarah populasi Afrika, dia dan
rekan-rekannya harus membuat banyak asumsi untuk menafsirkan data mereka.
"Itu tidak berarti [hibridisasi] tidak terjadi di Afrika," kata
Tishkoff. "Kemungkinan besar telah terjadi. Ini benar-benar menantang
untuk dibuktikan. "Yg menentukan akan datang ketika seseorang mampu
mengurutkan DNA yang diekstraksi dari fosil Afrika dan membandingkannya dengan
fragmen DNA hantu yang ditemukan di Afrika modern. Itu adalah tantangan,
tetapi, mengingat kemajuan dalam sekuensing DNA kuno dalam dekade terakhir,
mungkin hanya masalah waktu sebelum seseorang bertemu dengannya.
“Genetika secara umum mengubah
cara kita memahami spesies kita,” kata Tomas Marques-Bonet di Universitas
Pompeu Fabra di Spanyol. “Bagi saya, semuanya dimulai dengan Denisovans: pertama
kali kami mengangkat DNA dari jari dan tidak menemukan manusia maupun
Neanderthal - sesuatu yang kami tidak punya wajah dan informasi yang sangat
sedikit - itu adalah pertama kalinya genetika menyinari sesuatu yang
benar-benar lolos paleontologi."
Sekarang diketahui bahwa
Denisovans memiliki hantu mereka sendiri. Orang yang tinggal di Oceania dan
Asia Timur dan Tenggara saat ini mewarisi sekitar 5 persen DNA mereka dari
Denisovans. Dengan melihat lebih dekat pada urutan genetik ini, tim Akey menemukan
bahwa mereka tidak semua berhubungan dengan genom tulang jari asli dengan cara
yang sama. Faktanya, kelompok itu menemukan tanda-tanda dua populasi Denisovan
yang berbeda secara evolusioner. "Itu benar-benar tidak terduga,"
katanya. "Sebenarnya ada hantu lain, silsilah Denisovan."
Apa yang disoroti oleh semua
studi ini adalah bahwa itu adalah aturan, bukan pengecualian, untuk populasi
hominin untuk berpisah selama ribuan atau bahkan ratusan ribu tahun dan
kemudian bertemu lagi dan kawin. Pohon evolusi yang rapi dan bercabang dua
harus ditinggalkan. "Ambil pena di selembar kertas dan mulailah membuat
garis berlekuk-lekuk," kata Akey. "Itu sejarah manusia." Pada
tingkat yang lebih mendasar, itu juga menyebabkan banyak orang di lapangan
berhenti menggunakan istilah spesies dan subspesies untuk merujuk pada hominin
yang berbeda, lebih suka berbicara tentang kelompok atau populasi.
Bagaimanapun, individu yang berasal dari spesies yang berbeda - seperti H.
sapiens dan H. neanderthalensis - tidak dimaksudkan untuk dapat menghasilkan
keturunan yang layak.
Hantu dan hampir-hantu membuat
dunia kuno menjadi tempat yang jauh lebih sepi. "Jika kita melihat ke
seluruh dunia hari ini, kita benar-benar satu-satunya permainan hominin di
kota," kata Akey. "Orang-orang beranggapan bahwa memang selalu
begitu. Faktanya, dunia adalah tempat yang jauh lebih menarik belum lama ini. ”
Hewan juga punya “hantu”
Pada sebuah konferensi di China
awal tahun ini, Tomas Marques-Bonet menampilkan slide yang menunjukkan pohon
evolusi simpanse dan bonobo. Di sebelah kanan cabang terpanjang ada hantu
kartun gaya Pac-Man, dengan kedua tangan terangkat ke atas.
Marques-Bonet dan koleganya
Martin Kuhlwilm, keduanya di Pompeu Fabra University di Spanyol, telah melihat
genom simpanse liar dan bonobo di Afrika Tengah ketika mereka menemukan fragmen
aneh DNA. Fragmen-fragmen itu tidak bisa dijelaskan dengan kawin kuno satu sama
lain, atau dengan mutasi acak. DNA, kata mereka, berasal dari populasi bonobo
yang tidak dikenal atau "hantu" yang pasti telah menjadi terisolasi,
berevolusi secara mandiri dan kemudian bercampur kembali dengan kerabatnya yang
telah lama hilang.
Pada konferensi yang sama, Greger
Larson di University of Oxford mengungkapkan hasil penelitian tentang asal-usul
anjing peliharaan di Amerika. Melalui analisis genetik, kelompoknya telah
melacak nenek moyang populasi anjing misterius yang tiba di Dunia Baru sekitar
11.000 tahun yang lalu. Anjing-anjing itu, kata Larson, mungkin disertai
gelombang migrasi manusia kedua ke atas jembatan darat dari Siberia dan
kemudian menyebar ke seluruh benua. Mereka sepenuhnya diganti ketika pemukim
Eropa membawa anjing mereka.
Namun, jejak gigi taring asli
Amerika hidup di tempat yang agak aneh. Tumor kelamin yang dapat ditularkan
dari Canine digambarkan sebagai PMS terburuk di dunia. Analisis genetik dari
tumor ini, ditemukan pada alat kelamin anjing, mengungkapkan bahwa mereka lebih
dekat hubungannya dengan anjing Amerika pertama daripada yang hidup hari ini.
Ini adalah bagian dari seri SPACE.com artikel tentang Momen
Terbesar dalam Penerbangan, peristiwa terobosan yang membuka jalan bagi
spaceflight manusia dan langkah selanjutnya: penambangan asteroid dan pangkalan
di bulan dan Mars.
Pada 1 Januari 1914, layanan penerbangan penumpang terjadwal
pertama di dunia lepas landas, beroperasi antara St. Petersburg dan Tampa,
Florida. Jalur Airboat St. Petersburg-Tampa adalah upaya jangka pendek - hanya
empat bulan - tetapi itu membuka cara untuk penerbangan lintas benua hari ini.
Pilot penerbangan pertama adalah Tony Jannus, seorang pilot
uji coba dan barnstormer yang berpengalaman. Penumpang pertama yang membayar
adalah Abram C. Pheil, mantan walikota St. Petersburg. Penerbangan 21 mil (34
kilometer) mereka melintasi teluk ke Tampa membutuhkan waktu 23 menit. Mereka
terbang dengan "kapal terbang" yang dirancang oleh Thomas Benoist
(diucapkan ben-wah), seorang pengusaha penerbangan dari St. Louis.
Sebuah maskapai
komersial nyata
Percival Elliott Fansler, perwakilan penjualan Florida untuk
produsen mesin diesel untuk kapal, menjadi terpesona dengan kemajuan Benoist
dalam merancang pesawat yang bisa lepas landas dan mendarat di air. Kedua pria
itu mulai berkorespondensi, dan akhirnya Fansler mengusulkan "saluran
komersial yang nyata dari suatu tempat ke tempat lain." Dia mengusulkan
agar maskapai itu terbang antara St. Petersburg dan Tampa.
Pada tahun 1913, perjalanan antara kedua kota, duduk di
seberang Tampa Bay, memakan waktu dua jam dengan kapal uap atau dari 4 hingga
12 jam dengan kereta api. Bepergian dengan mobil di sekitar teluk membutuhkan
waktu sekitar 20 jam. Penerbangan akan memakan waktu sekitar 20 menit.
Fansler mencoba menarik minat pejabat Tampa dalam usaha itu,
tetapi mereka menolaknya. Dia mendapat sambutan yang lebih baik di St.
Petersburg, menarik beberapa investor. Benoist tiba di St. Petersburg pada 12
Desember 1913, diikuti oleh pilot pilihannya, Tony Jannus.
Anak muda yang berani
Jannus sudah menjadi tokoh populer di dunia penerbangan.
Terlihat gelap, tampan, dan eksploitnya yang berani membuatnya menjadi lambang
dari selebaran romantis. Menurut sebuah biografi oleh Tony Jannus Distinguished
Aviation Society, "yang dulu dikenal sebagai pemberani dan pengagum wanita
yang tak kenal takut, lari dari ayah yang marah dengan senapan tajam dan
bintang film kencan, Jannus mengambil risiko dalam cinta dan perang."
Jannus memberikan pameran terbang, menguji pesawat militer,
dan menerbangkan pesawat dan kapal udara jarak jauh. Dia memimpin uji coba
pertama senapan mesin di udara. Pada tanggal 1 Maret 1912, ia membawa Kapten
Albert Berry tinggi-tinggi untuk membuat parasut pertama melompat dari pesawat
terbang. Pada 1913, pada usia 24, ia telah menjadi salah satu pemegang saham
utama di Perusahaan Pesawat Benoist.
Peswat terbang
Sebuah kapal udara Model 14 Benoist dikirim ke St.
Petersburg dengan kereta api. Beratnya 1.250 pon. (567 kilogram), panjang 26
kaki (8 meter) dan memiliki lebar sayap 44 kaki (13 m). Itu didukung oleh mesin
6-silinder Roberts, in-line, cairan-cooled, 75-tenaga kuda. Pesawat memiliki
kecepatan tertinggi 64 mph (103 km / jam). Lambung dibuat dari tiga lapisan
pohon cemara dengan kain di antara setiap lapisan. Sayap-sayap dibuat dari
spruce sparce dengan linen yang membentang di atasnya. Pesawat itu dibangun
hanya untuk menampung pilot dan satu penumpang berdampingan di satu kursi kayu.
Memilih kamera adalah bagian penting dari mengambil gambar
yang bagus — tetapi ada satu hal: Mempelajari cara mengambil gambar yang baik
akan secara signifikan meningkatkan foto Anda apakah Anda memotret dengan
point-and-shoot atau DSLR. Kamera (dan lensa) akan menentukan hal-hal seperti
resolusi dan keserbagunaan, tetapi fotograferlah yang menentukan banyak aspek
yang menghasilkan foto yang bagus, seperti pencahayaan dan komposisi.
Ingin belajar cara mengambil foto yang bagus? Inilah cara
Anda dapat melakukan hal itu, bahkan jika Anda tidak memiliki salah satu kamera
terbaik.
Ketahui perlengkapan
Anda.
DSLR tidak terlalu bagus jika Anda tidak tahu cara
menggunakannya, tetapi dengan cara yang sama, memahami keterbatasan kamera yang
murah juga akan meningkatkan gambar Anda. Luangkan waktu untuk mengenal kamera
Anda. Fitur apa yang dimilikinya? Jika kamera Anda memiliki fitur-fitur canggih
seperti mode manual dan RAW, mempelajari cara menggunakannya akan membantu.
Bahkan menjelajahi mode pemandangan pada kamera dasar akan membantu Anda
memecahkan masalah dan meningkatkan kualitas foto Anda.
Menemukan keterbatasan kamera Anda juga penting. Jangan
berharap untuk memotret satwa liar dengan kamera dengan lensa zoom 3x —
alih-alih ketahuilah keterbatasan itu dan cobalah untuk memotret gambar lanskap
yang luas. Seberapa besar Anda dapat mencetak foto Anda sebelum kehilangan
kualitas? IPhone, misalnya, tidak boleh digunakan untuk cetakan di atas 8x10.
Seberapa sulit untuk membawa kamera Anda pada kenaikan panjang itu? Jika Anda
ingin mengambil foto yang bagus dengan kamera yang sudah Anda miliki, Anda
perlu memahami apa yang dapat dilakukan - dan tidak bisa dilakukan oleh kamera
Anda.
Berhentilah
memusatkan subjek.
Kebanyakan orang, secara default, memusatkan subjek (atau
objek / orang utama di foto). Sementara komposisi atau pengaturan tengah
memiliki tempat, sering menempatkan subjek di luar pusat menciptakan gambar
yang lebih menarik. The Rule of Thirds menyarankan membayangkan gambar dibagi
menjadi tiga bertiga baik secara vertikal maupun horizontal.
Dengan menempatkan subjek pada salah satu garis tersebut
(atau bahkan lebih baik: di mana garis tersebut berpotongan), Anda membuat
komposisi yang lebih dinamis. Mengapa? Aturan pertiga mendorong Anda untuk
meninggalkan ruang kosong dalam sebuah gambar, yang membantu menarik perhatian
ke arah apa yang penting dalam gambar. Jika Anda memotret aksi, cobalah
meninggalkan ruang kosong itu ke arah subjek bergerak. Atau, jika Anda memotret
seseorang atau hewan yang melihat ke satu sisi atau yang lain, atur bidikan
dengan meninggalkan ruang ekstra di mana mereka berada. mencari.
Jangan berhenti memusatkan subjek sepenuhnya. Menempatkan
subjek di tengah adalah ide yang bagus jika Anda ingin menunjukkan pola atau
simetri, misalnya jika Anda memotret sebuah refleksi. Komposisi tengah juga
kadang-kadang menjadi kebutuhan untuk mengisi bingkai (yang akan kita bahas
selanjutnya).
Jangan takut
mendekat.
Meskipun lanskap yang jauh tentu memiliki tempat (besar)
dalam fotografi, sebagian besar fotografer amatir takut untuk mendekat ketika
mengisi bingkai dengan subjek yang sebenarnya bisa menjadi teknik yang sangat
efektif. Mendekat, melalui zoom yang baik atau dengan kaki Anda, membantu
mengaburkan latar belakang dan menampilkan detail. Misalnya, setiap potret
tidak boleh berupa foto seluruh tubuh — coba dapatkan hanya kepala dan bahunya.
Menjelajahi fotografi makro juga merupakan cara yang baik untuk mengambil foto
yang bagus di lokasi yang terasa biasa.
Jelajahi sudut yang
berbeda.
Saya menduga bahwa, ketika Anda mengambil foto, Anda
memegang kamera hingga ke mata Anda dan memotret, bukan? Tetapi mengambil setiap
foto setinggi mata adalah cara yang pasti untuk membuat semua foto Anda
terlihat sama. Sebaliknya, cobalah memotret dari sudut yang berbeda dengan
memanjat ke tempat yang lebih tinggi, atau hanya berlutut atau duduk.
Pertimbangkan apa yang Anda potret saat menjelajahi sudut. Anak-anak dan hewan
peliharaan sering kali difoto paling baik di mata mereka, bukan di mata Anda.
Memotret dari perspektif rendah juga dapat membuat objek biasa tampak besar dan
mengesankan (hanya hati-hati memotret orang dewasa dengan cara ini, pemotretan
dari atas-ke-hidung sering tidak terlalu bagus).
Meskipun memanjat ke perspektif yang lebih tinggi seringkali
lebih sulit daripada hanya berlutut (atau bahkan berbaring), foto-foto sering
sepadan dengan usaha ekstra. Pada satu ekstrem, pandangan mata burung membuat
segalanya tampak kecil dan menunjukkan lebih banyak pemandangan. Memotret tepat
di atas ketinggian mata menyanjung hampir semua jenis tubuh. Carilah hal-hal di
sekitar Anda untuk digunakan seperti tangga dan bangku, atau bawa bangku
langkah bersama Anda.
Tidak setiap kamera memiliki mode manual yang memungkinkan
Anda menyesuaikan pencahayaan, tetapi sebagian besar kamera memiliki kompensasi
pencahayaan. (Jika Anda memiliki kamera canggih, mempelajari mode manual akan
sangat membantu). Kompensasi eksposur memungkinkan Anda untuk menyesuaikan
seberapa terang atau gelap gambar itu tanpa memahami (atau memiliki akses ke)
mode manual. Jika gambar Anda terlalu gelap, menggunakan nomor kompensasi
eksposur positif akan mencerahkan gambar — untuk gambar yang benar-benar gelap,
gunakan angka yang lebih tinggi. Dengan cara yang sama, nilai kompensasi
eksposur negatif akan membantu memperbaiki gambar yang terlalu terang.
Kompensasi eksposur biasanya ditunjuk oleh simbol dengan tanda + dan -. Jika
Anda tidak dapat menemukannya, periksa manual kamera Anda.
Beberapa kamera dasar tidak menawarkan kompensasi
pencahayaan, tetapi setiap kamera dasar memiliki mode pemandangan. Menjelajahi
opsi-opsi ini adalah cara yang baik untuk mengambil gambar yang lebih baik
dengan kamera sederhana. Alih-alih tetap otomatis setiap saat, pilih mode
pemandangan untuk gambar tertentu yang Anda ambil. Misalnya, untuk gambar
orang, gunakan mode potret. Mode pemandangan dinamai berdasarkan skenario yang
dirancang untuknya, seperti Beach, Low Light, atau Pets and Kids. Menggunakan
mode pemandangan memberi tahu kamera apa yang Anda potret sehingga dapat
memilih pengaturan yang lebih baik daripada yang Anda dapatkan dengan otomatis.
Gunakan tripod untuk
cahaya redup.
Baik Anda memiliki point-and-shoot atau DSLR, tripod akan
membantu Anda mendapatkan gambar yang lebih tajam dengan mencegah guncangan
kamera. Tripod adalah yang paling bermanfaat saat memotret dalam cahaya rendah
— seperti di dalam ruang konser atau saat memotret saat senja. Namun, tripod
dapat membantu mempertajam bidikan Anda bahkan di siang hari, jadi cobalah satu
saat tidak terlalu memberatkan untuk dibawa-bawa.
Gunakan flash dengan
cara yang tidak tradisional.
Flash secara tradisional menggunakan adegan gelap terang. Dan
sementara saya tidak mengatakan Anda harus berhenti menggunakan flash untuk
foto-foto itu, salah satu kegunaan terbaik untuk flash adalah ketika sebenarnya
ada terlalu banyak cahaya. Pernahkah Anda mengambil foto di tengah hari yang
cerah dan melihat bayangan gelap di bawah mata dan mungkin beberapa bayangan
hidung dan dagu yang funky? Menyalakan flash akan membantu mengisi area-area
yang gelap (itulah sebabnya teknik ini disebut menggunakan fill flash). Kamera
tidak akan melakukannya secara otomatis, tetapi masuk ke menu kamera Anda dan
nyalakan mode lampu kilat untuk selalu hidup (kadang-kadang ditunjuk dengan
simbol petir). Ingatlah untuk mengaktifkan kembali flash atau auto ketika Anda
selesai.
Isi flash juga merupakan teknik yang bagus untuk digunakan
ketika cahaya datang dari belakang apa yang Anda potret. Jika Anda keluar
mengambil foto dan subjek Anda muncul sebagai siluet, menyalakan flash
pengisian akan membantu memperbaikinya. Contoh umum adalah mengambil potret
dengan matahari terbenam di latar belakang — karena tidak ada cahaya di depan,
wajah akan menjadi gelap tanpa kilatan isian.
Cari cahaya yang
bagus.
Kata fotografi, ketika diterjemahkan dari bahasa Yunani,
berarti "menulis dengan cahaya." Cahaya sangat penting untuk
mengambil foto yang bagus. Fotografer profesional tahu cara memanipulasi cahaya,
tetapi Anda tidak harus menjadi pro untuk belajar bagaimana menemukan cahaya
yang hebat. Hari terbaik untuk mengambil gambar di luar ruangan sebenarnya
adalah pada hari yang mendung — dengan begitu, Anda tidak mendapatkan bayangan
yang funky dan tidak perlu mengisi flash. Dalam cuaca apa pun, satu atau dua
jam sebelum matahari terbenam dan satu atau dua jam setelah matahari terbit
adalah saat yang tepat untuk mengambil gambar. Dengan memotret saat cahaya
bagus pada hari berawan atau sebelum matahari terbenam, akan lebih mudah untuk
mendapatkan gambar yang bagus tanpa banyak pengetahuan teknis.
Saat mengambil gambar di dalam, jika bisa, atur melalui
jendela yang menghadap ke utara atau selatan. Karena matahari terbit dan
terbenam, jendela yang menghadap ke utara dan selatan akan memiliki cahaya yang
luar biasa setiap saat sepanjang hari. Bidik dengan jendela ke satu sisi atau
di belakang Anda. Berhati-hatilah untuk tidak memotret dengan jendela langsung
di depan kamera — itu adalah pengaturan pencahayaan yang membutuhkan
pengetahuan lanjut untuk benar-benar mendapatkan yang benar.
Praktek.
Satu hal yang sama-sama dimiliki oleh fotografer hebat?
Banyak pengalaman. Semakin banyak foto yang Anda ambil, semakin banyak
keterampilan fotografi Anda akan meningkat. Coba jaga kamera Anda di sisi Anda
ke manapun Anda pergi, dan potret apa pun yang menginspirasi Anda. Ketika Anda
melihat foto-foto Anda, pikirkan apa yang tidak Anda sukai darinya, sehingga
lain kali Anda dapat mengubahnya. Berlatih dengan berbagai skenario, di dalam
ruangan dan di luar ruangan dan dengan objek bergerak dan diam, misalnya.
Get feedback.
Salah satu cara terbesar fotografer pemula untuk
meningkatkan gambar mereka adalah untuk mendapatkan feedback. Bukan feedback dari ibumu (atau siapa pun yang selalu hanya akan menyebutkan hal-hal
baik), tetapi feedback dari orang lain yang juga tertarik pada fotografi.
Jika Anda tidak memiliki teman yang menjadikan fotografi sebagai hobi,
bergabunglah dengan komunitas fotografi daring dan bagikan gambar terbaik Anda
di dalam forum dan minta feedback. Dengan mendapatkan input pada gambar
Anda, Anda dapat mengetahui apa kekuatan Anda dan apa yang perlu Anda kerjakan.
Hanya saja, jangan terlalu berkecil hati pada komentar negatif, semua orang
mulai di suatu tempat.
Saat ini, hampir semua orang memiliki kamera, baik itu
smartphone atau DSLR mewah. Dan saat mendapatkan kamera canggih akan memberikan
fleksibilitas lebih dengan mode manual dan resolusi lebih tinggi, Anda dapat
belajar cara mengambil gambar yang bagus dengan kamera apa pun dengan
mengerjakan aspek seperti komposisi dan sudut, serta belajar menemukan cahaya
yang baik. Sekalipun fotografi tidak pernah menjadi hobi serius bagi Anda, Anda
akan memiliki gambar kenangan Anda yang lebih baik untuk dilihat kembali — dan
itu adalah sesuatu yang benar-benar berharga.
Jakarta - Pembelian mobil dinas baru untuk Bupati Pandeglang
Irna Narulita seharga Rp 1,9 miliar tengah mendapat sorotan. Suami Irna,
Dimyati Natakusumah mengatakan Irna sedang berada di Jakarta.
"Bu Irna sekarang lagi besuk orang tuanya yang lagi
sakit di RS di Jakarta," ujar Dimyati kepada wartawan, Selasa (12/3/2019).
Mobil dinas yang dibeli Pemerintah Kabupaten Pandeglang
berjenis Land Cruiser Prado. Dimyati mengatakan, mobil jenis SUV itu diperlukan
mengingat kondisi geografis Pandeglang dan memastikan mobil Land Cruiser Prado
tidak dipakai untuk keperluan pribadi.
"Mobil itu sebagai fasilitas dan tidak hanya digunakan
Bu Irna, tapi untuk tamu negara. Banyaklah. Sehingga diperlukan kendaraan. Memang
harganya mahal, kalau lihat di media Rp 1,9 miliar. Kalau lihat harganya
terlalu tinggi sih, tapi sudah dibeli. Yang penting tidak boleh jadi milik
sendiri, karena ini mobil pemerintah, mobil rakyat," ujar eks Bupati
Pandeglang dua periode ini.
Pengadaan mobil Land Cruiser Prado, kata Dimyati, sudah
mengacu pada Permenkeu Nomor 76/PMK.06/2015 yang disebutkan silinder maksimal
untuk mobil kelas SUV adalah 3.500 cc.
"Itu mobil nggak jadi milik (pribadi), itu mobil
rakyat, fasilitas. Karena di peraturannya itu cc, aturannya 3.500 cc. Speknya
sama, kalau melebihi cc yang ditentukan, saya kan membuat peraturan UU, waktu
membuat UU begitu, jelas aturannya. Masalah harga mobil, disesuaikan dengan
mobilnya. Kan yang ditentukan bukan nilainya, tapi cc-nya," jelas Dimyati.
Pembelian mobil Land Cruiser Prado seharga Rp 1,9 miliar ini
sebelumnya dikritik Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) UGM. Alasannya, Pandeglang
termasuk kabupaten termiskin di Provinsi Banten.
"Kebijakan ini jelas tidak sensitif sosial. Tidak peka
pada situasi kemiskinan di daerahnya. Sangat disayangkan dilakukan oleh kepala
daerah yang harusnya bekerja keras untuk membebaskan masyarakatnya dari
kemiskinan bukan malah menikmati fasilitas mewah," kata Ketua Pusat Kajian
Antikorupsi (Pukat) UGM Oce Madril kepada detikcom, hari ini.
Kritikan juga datang dari Anggota DPRD Pandeglang dari
F-Gerindra Rika Kartikasari. Ia menilai pembelian mobil dinas tersebut tidak
penting dan tak masuk akal di tengah suasana berduka pascatsunami, bahkan
tingkat kemiskinan daerah yang tinggi.
"Kalau saya, nggak nangkap logika berpikirnya. Di saat
rakyat sedang susah pascatsunami, kasus Sindangresmi mencuat soal ada
masyarakat ke puskesmas harus ditandu 3 kilometer tapi saat bersamaan bupati
beli mobil dinas yang 'wah'," kata Rika saat dihubungi detikcom di
Pandeglang, Banten, hari ini.