Thursday, March 14, 2019

Sejarah Pesawat Boeing




Penerbangan perintis selama 100 tahun

Sama seperti perjalanan udara adalah bagian penting dari masyarakat modern, jadi Boeing adalah elemen integral dalam industri penerbangan. Pada tanggal 15 Juli, Perusahaan Boeing merayakan hari jadinya yang ke-100. Dalam rangka memperingati kesempatan itu, AeroTime menyajikan serangkaian artikel, yang didedikasikan untuk pembuat rencana AS. Yang pertama menggambarkan perjalanan seratus tahun Boeing ke hampir setiap bandara komersial di dunia.
Pengembangan pesawat pengiriman militer dan pengiriman surat
Perusahaan Boeing didirikan oleh perintis penerbangan William Edward Boeing pada 15 Juli 1916. Perusahaan tersebut berlokasi di Seattle, dan dinamai Pacific Aero Products Co., tetapi namanya diubah satu tahun kemudian untuk menghormati pendiri. Pesawat terbang pertama perusahaan, pesawat amfibi pelatihan dua tempat Model C, dirancang pada November 1916.


Model C memiliki ponton utama tunggal dan pelampung bantu kecil di bawah setiap sayap dan ditenagai oleh mesin Curtiss OX-5. Ketika AS memasuki Perang Dunia pertama pada tahun 1917, Angkatan Laut membeli 51 dari 56 pesawat amfibi yang dibangun, membuat kesuksesan finansial pertama perusahaan model tersebut dan membangun kemitraan jangka panjang dengan militer A.S.


Sepanjang tahun 1920-an, Boeing mengembangkan banyak model pesawat terbang, baik untuk keperluan militer maupun transportasi. Namun, pesawat komersial pertamanya, B-1, tidak digunakan untuk mengangkut penumpang, karena perjalanan dari pantai ke pantai sering memakan waktu lebih dari 24 jam untuk memulai. Sebaliknya, pesawat mengirim surat dan Boeing memenangkan beberapa kontrak pengiriman utama dari Kantor Pos A.S. Untuk mengoperasikan bisnis pos udara yang berkembang, perusahaan ini mendirikan Boeing Air Transport pada tahun 1927, yang melahirkan United Airlines empat tahun kemudian.



Dampak besar pada hasil WW2

Depresi Hebat memiliki efek luar biasa pada industri penerbangan pada 1930-an, menunda produksi pesawat komersial pertama yang sukses secara finansial. Hanya pada tahun 1939, saingan Boeing, McDonnell Douglas Corporation menciptakan pesawat komersial pertama yang menguntungkan, Douglas DC-3, yang digunakan untuk mengangkut lebih dari 90% pelancong udara AS pada awal WW2. Menanggapi Douglas DC-3, Boeing mengembangkan 314 Clipper jarak jauh yang merupakan pesawat sipil terbesar pada masanya. Itu menampilkan ruang ganti, salon makan dan mampu membawa 90 penumpang.




Keberhasilan di bidang penerbangan yang dijadwalkan tidak berlangsung lama, ketika WW2 datang. Selama perang, Boeing terutama memproduksi pesawat militer. B-17 "Benteng Terbang" dan "B-29 Superfortress" adalah salah satu model Boeing paling terkenal saat itu. B-29 memiliki jangkauan hebat yang fundamental dalam memenangkan perang di wilayah Pasifik, sementara B-17 digunakan untuk misi ketinggian di Eropa.


Pada musim semi 1944, produksi pesawat militer Boeing meningkat pesat sehingga lebih dari 350 pesawat dibangun setiap bulan, terutama oleh wanita, yang suaminya pergi berperang.

Menghubungkan kedua benua

Setelah WW2, kebutuhan akan pembom militer turun dengan cepat karena sebagian besar pesanan dibatalkan, membuat ribuan pekerja kehilangan pekerjaan di Boeing. Perusahaan berusaha untuk pulih dari melambatnya permintaan dengan mengembangkan pesawat komersial yang akan didukung oleh turbofan bukan baling-baling, dan akan dapat melintasi Samudra Atlantik.
Boeing bukan satu-satunya perusahaan yang menawarkan penerbangan trans-Atlantik. Perjalanan bisa dilakukan British De Havilland Comet, French Sud Aviation Caravelle dan Soviet Tupolev Tu-104. Oleh karena itu, pada tahun 1958, Boeing menciptakan 707 - pesawat empat mesin, yang mampu mengangkut 156 penumpang pada rute transatlantik. Karena perjalanan yang lebih singkat dan perjalanan yang lebih nyaman, 707 dengan cepat memenangkan hati para penumpang. Model ini diikuti oleh 727 trijet dan 737 twinjet, yang terakhir menjadi pesawat komersial terlaris di dunia pada akhir abad ke-20.


Era Incredibles
Untuk mengimbangi peningkatan penjualan pesawat, pada tahun 1966 Boeing memulai tantangan rekayasa yang monumental - pembangunan Pabrik Everett. Terlepas dari kenyataan bahwa fasilitas manufaktur adalah bangunan terbesar di dunia berdasarkan volume (13.385.378 m3), itu dibangun hanya dalam 16 bulan oleh kelompok pekerja yang sangat efisien, yang kemudian dijuluki "The Incredibles."

Pabrik Everett menjadi rumah bagi pesawat jet berbadan lebar pertama Boeing 747, yang mampu mengangkut 490 penumpang - lebih dari dua kali lipat 707. Pesawat ini memiliki rekor kapasitas selama 37 tahun dan terjual lebih dari 1.500 kali.


Di ambang kebangkrutan
Meskipun 747 memberikan monopoli di segmen pasar berbadan lebar ini, awal tahun 1970-an sulit bagi produsen pesawat - ia menghadapi utang $ 2 miliar dari 747 produksi. Selain itu, militer AS mengurangi pengeluaran untuk Perang Vietnam, yang berarti lebih sedikit pesanan pesawat militer untuk Boeing. Perusahaan itu berjuang sangat keras hingga lebih dari setahun tanpa pesanan domestik dan harus memberhentikan sekitar setengah dari karyawan.

Situasi ekonomi Boeing mulai membaik hanya pada 1980-an, ketika permintaan lalu lintas udara meningkat. Namun, persaingan untuk pesanan baru lebih keras karena Airbus, produsen pesawat Eropa baru, muncul dengan A320. Sebagai tanggapan, Boeing mengembangkan lorong tunggal 757, lorong ganda 767 dan meningkatkan 737.

Kembali ke atas
Tahun 1990-an membiarkan Boeing untuk sepenuhnya mendapatkan kembali status keuangannya yang kuat. Perusahaan, bersama dengan Lockheed, memenangkan pesanan dari Angkatan Udara AS untuk pesawat tempur siluman F-22 Raptor bermesin ganda. Selain jet, Boeing mengembangkan pesawat komersial 777 yang sangat sukses. "Triple Seven" berbadan lebar adalah pesawat pertama yang dirancang oleh komputer dan lebih dari 1000 dijual hingga hari ini. Akhir dekade ini dicatat oleh akuisisi saingan lama.

Perusahaan gabungan ini mempekerjakan sekitar 200.000 karyawan, sehingga total pendapatan lebih dari $ 48 miliar pada tahun 1997. Sekitar $ 28 miliar dari jumlah tersebut berasal dari Boeing dan $ 20 miliar dari McDonnell Douglas.

Milenium hemat bahan bakar

Milenium baru ditandai dengan pengembangan pesawat mid-range 787 Dreamliner baru. Pesawat itu lebih ringan dan lebih hemat bahan bakar daripada kebanyakan pesawat yang diproduksi dari paduan aluminium karena hampir setengah dari pesawat dan sayap pesawat terbuat dari serat karbon dan bahan komposit plastik. Awalnya dijadwalkan untuk memulai layanan komersial pada tahun 2008, itu dikirim ke All Nippon Airways Jepang pada tahun 2011. Pada tahun yang sama, Boeing telah menandatangani pesanan pesawat komersial terbesar dalam sejarahnya, ketika Lion Air Indonesia memesan 201 737 MAX dan 29 737- 900ER pesawat seharga $ 21 miliar dengan harga daftar.
Selama sejarahnya, Boeing telah melalui banyak hal: PHK besar-besaran, utang besar, persaingan sengit. Tetapi abad yang lalu membuktikan bahwa perusahaan dapat beradaptasi dan berevolusi untuk menghadapi tantangan. Dengan angka keuangan yang kuat, bersama dengan tim ilmuwan, insinyur, dan karyawan cerdas lainnya, Boeing dengan bangga memasuki abad kedua sejarahnya dan akan terus mendorong batas penerbangan.

Source : https://www.aerotime.aero






Sejarah 'Lamborghini Automobili'




Sejarah 'Lamborghini Automobili' secara resmi dimulai pada tahun 1963. Meskipun demikian, kita harus mempertimbangkan akar yang jauh dari acara ini, dan mereka adalah akar dari Ferruccio Lamborghini. Dilahirkan pada tahun 1916, Taurus yang mampu, cepat, berkemauan keras ini adalah karakter utama dalam fondasi perusahaan dan fase awal dari sejarahnya yang luar biasa.




Pada saat ia memutuskan untuk membangun pabrik mobil sport mewah, Ferruccio sudah menjadi orang yang sangat kaya. Pada periode setelah Perang Dunia II, ia mendirikan pabrik traktornya, yang ia luncurkan dengan energi dan tekad kuat, menciptakan titik acuan utama dalam industri ini. Bisnis-bisnis lain menyusul, dan ia mengumpulkan kekayaannya pada waktu yang tepat, sebelum ulang tahunnya yang kelima puluh. Pada awal tahun enam puluhan, Lamborghini adalah pria yang kuat dan sukses yang tahu persis apa yang dia inginkan, tetapi ketika dia mengatakan akan membangun mobil sport super untuk bersaing dengan Ferrari, banyak orang berpikir dia gila. Membangun mobil semacam itu dipandang sebagai pemborosan yang tidak dapat dijelaskan, lompatan berbahaya dalam kegelapan, dan sesuatu yang akan menghambur-hamburkan kekayaannya tanpa pernah menghasilkan keuntungan.






Dia mulai mengerjakan proyek ini pada akhir 1962, dan pada Mei 1963 dia telah mendirikan 'Automobili Ferruccio Lamborghini', membeli sebidang tanah besar di Sant'Agata Bolognese, sekitar 25 kilometer dari Bologna, untuk membangun pabrik besar dan modern yang baru. . Karena pengalaman yang diperolehnya dengan perusahaan lain, ia berada dalam posisi untuk mendirikan fasilitas terbaik untuk tujuannya: struktur yang sangat fungsional yang, pada saat itu, tidak tertandingi di bidangnya. Bangunan pusat yang besar dan bagus itu berdekatan dengan gedung kantor, sehingga manajemen dapat terus memantau situasi produksi. Ini ideal untuk Lamborghini, yang sering menggulung lengan bajunya dan bekerja pada mobil secara pribadi ketika dia melihat sesuatu yang tidak dilakukan seperti yang dia inginkan.




Model pertama secara alami dikeluarkan dengan cepat, mengingat bahwa Lamborghini hanya memiliki beberapa bulan antara waktu ia memutuskan untuk membangun pabrik dan tanggal yang ditetapkan untuk presentasi resmi. Acara yang dipilih untuk ini adalah pertemuan tradisional era itu, Pameran Mobil Turin dijadwalkan untuk awal November 1963. Karena Lamborghini memiliki gagasan yang sangat jelas tentang apa yang diinginkannya, ia tidak membuang waktu mencari orang yang tepat. Untuk mesin, yang harus menjadi V12 terbaik yang dibuat di daerah - dan dengan demikian di dunia - ia segera beralih ke Giotto Bizzarrini, yang telah merancang beberapa mesin terbaru Ferrari. Untuk sisa mobil dan memulai produksi, ia mempekerjakan dua insinyur muda yang menjanjikan, Giampaolo Dallara dan Giampaolo Stanzani. Ini adalah usaha yang cukup besar dan waktunya singkat. Namun demikian, ketika 350 GTV, disajikan, itu sudah merupakan mahakarya.




Dalam retrospeksi, 1964 adalah tahun yang luar biasa. 350 GT lahir. Cabang langsung dan hampir tak terhindarkan dari 350 GT, dimana 120 dibangun, adalah 400 GT. Mesinnya ditingkatkan menjadi model empat liter dan menampilkan gearbox pertama yang dirancang oleh Lamborghini. Awalnya didasarkan pada badan dua tempat duduk, yang kemudian berkembang menjadi 400 GT 2 + 2 dengan dua kursi sesekali di belakang dua kursi biasa, 400 GT mencapai angka produksi keseluruhan yang terhormat dari 273 unit.



Tuesday, March 12, 2019

Bom Sibolga, Satu Rumah Dikepung Densus 88



Suara.com - Satu rumah di Jalan Cendrawasih Kelurahan Pancuran Bambu Kota Sibolga Sumatera Utara dikabarkan dikepung Tim Detasemen Khusus (Densus) Anti Teror 88, Selasa (12/3/2019)

Pengepungan dilakukan menyusul adanya ledakan yang diduga kuat merupakan bom di sekitar lokasi tersebut.

“Rumah itu meledak sekitar pukul 15.30 WIB. Telinga saya sempat berdengung ketika mendengar ledakan dan menciderai beberapa orang termasuk diantaranya ada petugas,” kata seorang warga sekitar .
Menurut informasi yang dihimpun, Tim Densus 88 berupaya mengamankan rumah yang diduga kuat dihuni oleh teroris di Jalan Cendrawasih.

“Kalau lebih jelasnya mengenai rumah yang meledak itu, saya kurang tahu. Tapi rumah itu disebut milik keluarga Uppang,” tuturnya.

Sebelumnya, warga Kota Sibolga dikejutkan dengan ledakan dahsyat  yang terjadi di wilayah tersebut. Ledakan tersebut terjadi tepat beberapa hari sebelum Presiden Joko Widodo dijadwalkan berkunjung ke kota tersebut.

Hingga saat ini, belum diketahui pasti asal ledakan tersebut, namun warga dilarang mendekati lokasi ledakan hingga radius 200 meter.

Sumber : https://www.suara.com/

Jejak misteri manusia purba yang bersembunyi di genom kita



KITA PELAJARI tentang nenek moyang kita dalam banyak hal. Tulang memberi tahu kami seperti apa rupa mereka. Gigi mengungkapkan diet mereka. Alat, pot, seni, dan artefak lainnya menyimpan cerita tentang budaya mereka. Kemudian, satu dekade yang lalu, genom kuno pertama diurutkan, membuka jendela baru di masa lalu kita - yang menjanjikan wawasan yang lebih intim.

Terobosan yang terkenal itu mengungkapkan bahwa Neanderthal menjadi sangat nyaman dengan manusia. Sejak itu, para ahli genetika telah menggali lebih banyak dan lebih banyak fosil untuk bukti kebersamaan lintas-spesies di masa lalu. Penelitiannya tidak mengecewakan. Tetapi dengan cara yang menarik, mereka mulai menendang sesuatu yang tak terduga: genom tersembunyi di dalam adalah tanda-tanda leluhur yang kita tidak pernah tahu ada. Para ahli genetika menyebut mereka "hantu".


Kami tidak memiliki catatan fisik tentang hominin purba ini - tidak ada tulang, tidak ada alat, tidak ada arkeologis yang tersisa. Namun kode genetik yang mereka tinggalkan dalam fosil-fosil hominin lain, dan pada manusia yang hidup juga, menawarkan wawasan mendalam dan belum pernah terjadi sebelumnya tentang bagaimana spesies kita terbentuk, dan seperti apa dunia pada saat itu.

Gagasan bahwa setiap sel kita mungkin berisi fragmen kode genetik dari spesies yang punah telah ada selama lebih dari satu dekade. Kemudian, pada tahun 2008, Svante Pääbo dan timnya di Institut Max Planck untuk Antropologi Evolusi di Leipzig, Jerman, melakukan langkah utama dalam menggoda DNA dari tulang Neanderthal yang berusia ribuan tahun dalam jumlah yang cukup besar untuk diurutkan. Ini memberikan cara yang jelas untuk mengetahui apakah Homo sapiens telah dibiakkan dengan Neanderthal (Homo neanderthalensis): Anda dapat dengan mudah melihat dalam genom manusia yang hidup untuk sekuens DNA dengan pola mutasi Neanderthal yang jelas. Studi perbandingan ini mengungkapkan bahwa manusia purba memang telah kawin dengan Neanderthal, dan tidak hanya sekali. Perkiraan saat ini adalah bahwa genom setiap orang kecuali orang Afrika adalah antara 2 dan 4 persen Neanderthal.

alliances tak terduga
Di sini ada dua spesies yang jelas berbeda, dipisahkan oleh evolusi hingga 700.000 tahun, namun sisa-sisa kecenderungan seksual mereka ditangkap dalam DNA mayoritas orang yang hidup hari ini. Terlebih lagi, segera muncul bahwa nenek moyang kita tidak hanya melanjutkannya dengan Neanderthal.

Saat Pääbo selesai mengurutkan genom Neanderthal, sebuah paket mendarat di mejanya. Itu berisi fragmen kecil tulang jari dari pegunungan Altai di Siberia. Karya itu berusia 30.000 hingga 50.000 tahun dan dianggap berasal dari Neanderthal lain. Timnya mengalami kejutan besar. Analisis DNA mengungkapkan sekelompok manusia purba yang sama sekali baru, yang sekarang dijuluki sebagai Denisovans, yang terpisah dari leluhur bersama Neanderthal sekitar 500.000 tahun yang lalu.

Sekali lagi, perbandingan dengan genom manusia modern menunjukkan bahwa keduanya kawin. Studi genetik mengungkapkan ini telah terjadi di Eurasia. Mereka juga menunjukkan bahwa orang Denisova berkisar dari Siberia ke Asia Tenggara, dan bahwa setidaknya satu dari gen mereka membantu orang Tibet modern untuk hidup di ketinggian. Gagasan bahwa nenek moyang kita berhibridisasi dengan hominin lain pernah ditolak. Sekarang mulai terlihat seolah-olah mereka akan kawin dengan manusia yang samar-samar.

Denisovans hampir seperti hantu: kita memiliki satu tulang jari dan beberapa geraham sebagai bukti fisik keberadaan mereka, tetapi tidak lebih. Kemudian pada tahun 2016, hantu sejati muncul dari genom 44 individu yang tinggal di Timur Tengah antara 14.000 dan 3400 tahun yang lalu. DNA mereka memiliki penanda genetik yang mengindikasikan kelompok berbeda dari H. sapiens kuno yang berbasis di wilayah itu lebih dari 45.000 tahun yang lalu. Anggota populasi ini sekarang dikenal sebagai Basal Eurasia, dan mereka menghadirkan teka-teki. DNA mereka, yang masih ditemukan di Eropa modern, tidak menunjukkan tanda-tanda kawin dengan Neanderthal. Ini datang sebagai kejutan karena manusia leluhur dikawinkan dengan Neanderthal segera setelah meninggalkan Afrika 60.000 tahun yang lalu dalam migrasi yang akan menimbulkan semua orang dari warisan non-Afrika hidup hari ini.

Penjelasan yang paling mungkin adalah bahwa segera setelah migrasi itu, sekelompok manusia menjadi terisolasi sementara sisanya bertemu dan dikawinkan dengan Neanderthal. ”Jika Anda suka, ini adalah cabang ketiga,” kata Chris Stringer dari Natural History Museum di London - cabang yang berbeda dari manusia yang pernah tinggal di Afrika dan yang secara bertahap menyebar ke seluruh Eurasia, Australia, dan akhirnya ke orang Amerika. Karena tidak ada fosil yang diketahui milik orang Basal Eurasia, mustahil - untuk saat ini - untuk mengatakan mengapa mereka terisolasi. Mungkin hanya sampai di tempat mereka menetap, jauh dari kelompok lain. Atau mungkin mereka mengembangkan perbedaan budaya. Apa pun itu, hantu-hantu ini tidak bercampur dengan umat manusia selama ribuan tahun - cukup lama untuk mengembangkan penanda genetik yang berbeda.

Penelitian Basal Eurasia menunjukkan bahwa wawasan yang kaya tentang sejarah manusia dapat diperoleh dari DNA saja. Tetapi, seperti studi Neanderthal dan Denisovan, studi ini mengandalkan pada perolehan DNA dari fosil, sesuatu yang tetap merupakan tantangan besar. DNA terdegradasi seiring waktu, sehingga diperlukan fosil khusus dan keterampilan khusus untuk mengekstraksinya dari tulang yang sangat tua, terutama yang telah menghabiskan ribuan tahun terkubur di iklim panas. Namun, pada pertengahan 2000-an, para ahli genetika sudah mendiskusikan pendekatan lain. Di antara yang lain, Jeffrey Wall, sekarang di University of California, Los Angeles, dan Vincent Plagnol, sekarang di University College London, menyarankan bahwa ada kemungkinan untuk menemukan tanda-tanda populasi yang punah dalam DNA manusia modern, hanya dengan menggunakan statistik pintar .

Gagasan luas adalah bahwa semua DNA tunduk pada mutasi acak yang terakumulasi selama ribuan tahun dan diturunkan dari generasi ke generasi. Dengan melihat pola mutasi dalam populasi modern, dimungkinkan untuk menemukan segmen yang tidak cocok dengan pola H. sapiens yang biasa. Ini diduga berasal dari populasi yang berevolusi secara terpisah dari spesies kita sendiri selama ribuan tahun sebelum kawin dengan manusia. Pemodelan statistik kemudian dapat menghasilkan perkiraan kapan dua kelompok dikawinkan dan betapa berbedanya populasi lain dari nenek moyang kita.

Beberapa tahun terakhir telah melihat beberapa upaya untuk menyempurnakan metode ini dan menerapkannya ke Afrika - tempat kelahiran spesies kita dan latar belakang sepotong sejarah kita yang hanya sedikit kita ketahui. Penelitian baru ini telah mengungkap keberadaan setidaknya satu hantu kuno di benua itu.

Neanderthal Afrika?
Josh Akey di University of Washington di Seattle, Sarah Tishkoff di University of Pennsylvania dan yang lainnya telah menghabiskan waktu bertahun-tahun mengurutkan dan menganalisis genom orang-orang Afrika modern yang termasuk kelompok-kelompok dengan akar leluhur yang dalam, termasuk pengumpul-pemburu Baka dari Kamerun, dan Hadza dan Sandawe dari Tanzania. Di dalam genom ini, mereka telah menemukan hamparan DNA yang tampaknya berasal dari spesies hominin lain. Karena DNA ini hanya ditemukan pada keturunan orang Afrika - bukan pada orang Eurasia - spesies hantu pasti kawin dengan H. sapiens setelah migrasi ke luar Afrika 60.000 tahun yang lalu. Faktanya, berdasarkan perhitungan tim, ini mungkin terjadi dalam 30.000 tahun terakhir. Jika benar, ini sangat besar. Ini berarti bahwa hingga baru-baru ini, setidaknya ada satu spesies hominin lain yang hidup bersama kita di Afrika. Menurut Akey, bukti yang akan segera diterbitkan menunjukkan bahwa mungkin ada lebih dari satu.

Hantu-hantu Afrika tampak berbeda secara evolusioner dari manusia modern seperti halnya Neanderthal dan Denisova. "Apa artinya itu adalah bahwa mereka mungkin berasal dari populasi Afrika yang sama dengan yang dilacak oleh Neanderthal," kata Akey. “Jadi idenya adalah bahwa 700.000 tahun yang lalu, ada populasi di Afrika yang memisahkan diri dari garis keturunan manusia modern, keluar dari Afrika dan menjadi apa yang kita kenal sebagai Neanderthal. Pada saat yang sama, ada perpecahan lain di Afrika yang menjadi semacam Neanderthal Afrika. "

Siapa “Neanderthal Afrika” ini adalah sebuah misteri. Satu petunjuk bisa berasal dari fosil yang Stringer kerjakan untuk PhD-nya di tahun 1970-an: tengkorak Iwo Eleru dari Nigeria. Pada usia sekitar 13.000 tahun, individu ini masih hidup sekitar satu milenium atau lebih sebelum beberapa manusia pertama kali mulai bertani, namun ia memiliki campuran aneh antara fitur modern dan primitif. Baru-baru ini, Stringer dan Katarina Harvati di Universitas Tübingen di Jerman melakukan analisis baru terhadap tengkorak. Ini menegaskan bahwa itu sangat aneh untuk usianya. "Ini benar-benar menyerupai fosil sapiens awal daripada yang terlambat, dan tentu saja tidak terlihat seperti orang Afrika baru-baru ini," kata Stringer. "Kami menyarankan ini bisa menjadi contoh seorang Afrika yang populasinya telah menerima introversi kuno ini." Dengan kata lain, itu mungkin manusia yang leluhurnya dikawinkan dengan hantu Afrika.

Sampai sekarang, belum ada hominin Afrika kuno yang memiliki urutan genomnya, jadi ada kemungkinan sisa-sisa fisik hantu ini telah digali. Salah satu kandidat adalah Homo naledi, spesies yang ditemukan pada tahun 2013 jauh di dalam sistem gua sempit di Afrika Selatan. Fosilnya berumur sekitar 250.000 tahun, tetapi tidak ada yang tahu berapa lama spesies ini bertahan. Namun, jika ditekan, Stringer akan menaruh uangnya pada tersangka lain. "Taruhan saya adalah bahwa Homo heidelbergensis adalah introgressor," katanya. Bukti yang tidak dipublikasikan baru-baru ini menunjukkan bahwa spesies ini masih ada kurang dari 300.000 tahun yang lalu, ketika manusia sudah muncul. Atau, hantu mungkin merupakan subpopulasi dari H. sapiens yang, seperti Eurasia Basal, diisolasi dari populasi lain cukup lama sehingga DNA anggotanya memperoleh penanda yang berbeda. "Bisa jadi itu kasus 100.000 tahun yang lalu atau lebih, ada populasi yang berbeda dari manusia modern secara anatomis di berbagai bagian Afrika," kata Tishkoff. "Dan mungkin pada titik tertentu mereka bercampur satu sama lain dan mungkin beberapa populasi mati."

Tishkoff berpikir akan mengejutkan jika nenek moyang kita tidak kawin dengan hominin kuno lainnya di Afrika. Namun, dia memperingatkan bahwa bukti hantu Afrika masih bersifat sementara: karena kita tahu sedikit tentang sejarah populasi Afrika, dia dan rekan-rekannya harus membuat banyak asumsi untuk menafsirkan data mereka. "Itu tidak berarti [hibridisasi] tidak terjadi di Afrika," kata Tishkoff. "Kemungkinan besar telah terjadi. Ini benar-benar menantang untuk dibuktikan. "Yg menentukan akan datang ketika seseorang mampu mengurutkan DNA yang diekstraksi dari fosil Afrika dan membandingkannya dengan fragmen DNA hantu yang ditemukan di Afrika modern. Itu adalah tantangan, tetapi, mengingat kemajuan dalam sekuensing DNA kuno dalam dekade terakhir, mungkin hanya masalah waktu sebelum seseorang bertemu dengannya.

“Genetika secara umum mengubah cara kita memahami spesies kita,” kata Tomas Marques-Bonet di Universitas Pompeu Fabra di Spanyol. “Bagi saya, semuanya dimulai dengan Denisovans: pertama kali kami mengangkat DNA dari jari dan tidak menemukan manusia maupun Neanderthal - sesuatu yang kami tidak punya wajah dan informasi yang sangat sedikit - itu adalah pertama kalinya genetika menyinari sesuatu yang benar-benar lolos paleontologi."

Sekarang diketahui bahwa Denisovans memiliki hantu mereka sendiri. Orang yang tinggal di Oceania dan Asia Timur dan Tenggara saat ini mewarisi sekitar 5 persen DNA mereka dari Denisovans. Dengan melihat lebih dekat pada urutan genetik ini, tim Akey menemukan bahwa mereka tidak semua berhubungan dengan genom tulang jari asli dengan cara yang sama. Faktanya, kelompok itu menemukan tanda-tanda dua populasi Denisovan yang berbeda secara evolusioner. "Itu benar-benar tidak terduga," katanya. "Sebenarnya ada hantu lain, silsilah Denisovan."

Apa yang disoroti oleh semua studi ini adalah bahwa itu adalah aturan, bukan pengecualian, untuk populasi hominin untuk berpisah selama ribuan atau bahkan ratusan ribu tahun dan kemudian bertemu lagi dan kawin. Pohon evolusi yang rapi dan bercabang dua harus ditinggalkan. "Ambil pena di selembar kertas dan mulailah membuat garis berlekuk-lekuk," kata Akey. "Itu sejarah manusia." Pada tingkat yang lebih mendasar, itu juga menyebabkan banyak orang di lapangan berhenti menggunakan istilah spesies dan subspesies untuk merujuk pada hominin yang berbeda, lebih suka berbicara tentang kelompok atau populasi. Bagaimanapun, individu yang berasal dari spesies yang berbeda - seperti H. sapiens dan H. neanderthalensis - tidak dimaksudkan untuk dapat menghasilkan keturunan yang layak.

Hantu dan hampir-hantu membuat dunia kuno menjadi tempat yang jauh lebih sepi. "Jika kita melihat ke seluruh dunia hari ini, kita benar-benar satu-satunya permainan hominin di kota," kata Akey. "Orang-orang beranggapan bahwa memang selalu begitu. Faktanya, dunia adalah tempat yang jauh lebih menarik belum lama ini. ”

Hewan juga punya hantu
Pada sebuah konferensi di China awal tahun ini, Tomas Marques-Bonet menampilkan slide yang menunjukkan pohon evolusi simpanse dan bonobo. Di sebelah kanan cabang terpanjang ada hantu kartun gaya Pac-Man, dengan kedua tangan terangkat ke atas.

Marques-Bonet dan koleganya Martin Kuhlwilm, keduanya di Pompeu Fabra University di Spanyol, telah melihat genom simpanse liar dan bonobo di Afrika Tengah ketika mereka menemukan fragmen aneh DNA. Fragmen-fragmen itu tidak bisa dijelaskan dengan kawin kuno satu sama lain, atau dengan mutasi acak. DNA, kata mereka, berasal dari populasi bonobo yang tidak dikenal atau "hantu" yang pasti telah menjadi terisolasi, berevolusi secara mandiri dan kemudian bercampur kembali dengan kerabatnya yang telah lama hilang.

Pada konferensi yang sama, Greger Larson di University of Oxford mengungkapkan hasil penelitian tentang asal-usul anjing peliharaan di Amerika. Melalui analisis genetik, kelompoknya telah melacak nenek moyang populasi anjing misterius yang tiba di Dunia Baru sekitar 11.000 tahun yang lalu. Anjing-anjing itu, kata Larson, mungkin disertai gelombang migrasi manusia kedua ke atas jembatan darat dari Siberia dan kemudian menyebar ke seluruh benua. Mereka sepenuhnya diganti ketika pemukim Eropa membawa anjing mereka.

Namun, jejak gigi taring asli Amerika hidup di tempat yang agak aneh. Tumor kelamin yang dapat ditularkan dari Canine digambarkan sebagai PMS terburuk di dunia. Analisis genetik dari tumor ini, ditemukan pada alat kelamin anjing, mengungkapkan bahwa mereka lebih dekat hubungannya dengan anjing Amerika pertama daripada yang hidup hari ini.

Monday, March 11, 2019

Maskapai Penerbangan Komersial Pertama di Dunia dan Momen Hebat dalam Penerbangan




Ini adalah bagian dari seri SPACE.com artikel tentang Momen Terbesar dalam Penerbangan, peristiwa terobosan yang membuka jalan bagi spaceflight manusia dan langkah selanjutnya: penambangan asteroid dan pangkalan di bulan dan Mars.

Pada 1 Januari 1914, layanan penerbangan penumpang terjadwal pertama di dunia lepas landas, beroperasi antara St. Petersburg dan Tampa, Florida. Jalur Airboat St. Petersburg-Tampa adalah upaya jangka pendek - hanya empat bulan - tetapi itu membuka cara untuk penerbangan lintas benua hari ini.

Pilot penerbangan pertama adalah Tony Jannus, seorang pilot uji coba dan barnstormer yang berpengalaman. Penumpang pertama yang membayar adalah Abram C. Pheil, mantan walikota St. Petersburg. Penerbangan 21 mil (34 kilometer) mereka melintasi teluk ke Tampa membutuhkan waktu 23 menit. Mereka terbang dengan "kapal terbang" yang dirancang oleh Thomas Benoist (diucapkan ben-wah), seorang pengusaha penerbangan dari St. Louis.

Sebuah maskapai komersial nyata
Percival Elliott Fansler, perwakilan penjualan Florida untuk produsen mesin diesel untuk kapal, menjadi terpesona dengan kemajuan Benoist dalam merancang pesawat yang bisa lepas landas dan mendarat di air. Kedua pria itu mulai berkorespondensi, dan akhirnya Fansler mengusulkan "saluran komersial yang nyata dari suatu tempat ke tempat lain." Dia mengusulkan agar maskapai itu terbang antara St. Petersburg dan Tampa.


Pada tahun 1913, perjalanan antara kedua kota, duduk di seberang Tampa Bay, memakan waktu dua jam dengan kapal uap atau dari 4 hingga 12 jam dengan kereta api. Bepergian dengan mobil di sekitar teluk membutuhkan waktu sekitar 20 jam. Penerbangan akan memakan waktu sekitar 20 menit.

Fansler mencoba menarik minat pejabat Tampa dalam usaha itu, tetapi mereka menolaknya. Dia mendapat sambutan yang lebih baik di St. Petersburg, menarik beberapa investor. Benoist tiba di St. Petersburg pada 12 Desember 1913, diikuti oleh pilot pilihannya, Tony Jannus.
Anak muda yang berani
Jannus sudah menjadi tokoh populer di dunia penerbangan. Terlihat gelap, tampan, dan eksploitnya yang berani membuatnya menjadi lambang dari selebaran romantis. Menurut sebuah biografi oleh Tony Jannus Distinguished Aviation Society, "yang dulu dikenal sebagai pemberani dan pengagum wanita yang tak kenal takut, lari dari ayah yang marah dengan senapan tajam dan bintang film kencan, Jannus mengambil risiko dalam cinta dan perang."

Jannus memberikan pameran terbang, menguji pesawat militer, dan menerbangkan pesawat dan kapal udara jarak jauh. Dia memimpin uji coba pertama senapan mesin di udara. Pada tanggal 1 Maret 1912, ia membawa Kapten Albert Berry tinggi-tinggi untuk membuat parasut pertama melompat dari pesawat terbang. Pada 1913, pada usia 24, ia telah menjadi salah satu pemegang saham utama di Perusahaan Pesawat Benoist.


Peswat terbang
Sebuah kapal udara Model 14 Benoist dikirim ke St. Petersburg dengan kereta api. Beratnya 1.250 pon. (567 kilogram), panjang 26 kaki (8 meter) dan memiliki lebar sayap 44 kaki (13 m). Itu didukung oleh mesin 6-silinder Roberts, in-line, cairan-cooled, 75-tenaga kuda. Pesawat memiliki kecepatan tertinggi 64 mph (103 km / jam). Lambung dibuat dari tiga lapisan pohon cemara dengan kain di antara setiap lapisan. Sayap-sayap dibuat dari spruce sparce dengan linen yang membentang di atasnya. Pesawat itu dibangun hanya untuk menampung pilot dan satu penumpang berdampingan di satu kursi kayu.


Source : https://www.space.com

Cara Mengambil Gambar Yang Bagus (Dengan Kamera Apa Pun)





Memilih kamera adalah bagian penting dari mengambil gambar yang bagus — tetapi ada satu hal: Mempelajari cara mengambil gambar yang baik akan secara signifikan meningkatkan foto Anda apakah Anda memotret dengan point-and-shoot atau DSLR. Kamera (dan lensa) akan menentukan hal-hal seperti resolusi dan keserbagunaan, tetapi fotograferlah yang menentukan banyak aspek yang menghasilkan foto yang bagus, seperti pencahayaan dan komposisi.

Ingin belajar cara mengambil foto yang bagus? Inilah cara Anda dapat melakukan hal itu, bahkan jika Anda tidak memiliki salah satu kamera terbaik.
Ketahui perlengkapan Anda.
DSLR tidak terlalu bagus jika Anda tidak tahu cara menggunakannya, tetapi dengan cara yang sama, memahami keterbatasan kamera yang murah juga akan meningkatkan gambar Anda. Luangkan waktu untuk mengenal kamera Anda. Fitur apa yang dimilikinya? Jika kamera Anda memiliki fitur-fitur canggih seperti mode manual dan RAW, mempelajari cara menggunakannya akan membantu. Bahkan menjelajahi mode pemandangan pada kamera dasar akan membantu Anda memecahkan masalah dan meningkatkan kualitas foto Anda.

Menemukan keterbatasan kamera Anda juga penting. Jangan berharap untuk memotret satwa liar dengan kamera dengan lensa zoom 3x — alih-alih ketahuilah keterbatasan itu dan cobalah untuk memotret gambar lanskap yang luas. Seberapa besar Anda dapat mencetak foto Anda sebelum kehilangan kualitas? IPhone, misalnya, tidak boleh digunakan untuk cetakan di atas 8x10. Seberapa sulit untuk membawa kamera Anda pada kenaikan panjang itu? Jika Anda ingin mengambil foto yang bagus dengan kamera yang sudah Anda miliki, Anda perlu memahami apa yang dapat dilakukan - dan tidak bisa dilakukan oleh kamera Anda.
Berhentilah memusatkan subjek.
Kebanyakan orang, secara default, memusatkan subjek (atau objek / orang utama di foto). Sementara komposisi atau pengaturan tengah memiliki tempat, sering menempatkan subjek di luar pusat menciptakan gambar yang lebih menarik. The Rule of Thirds menyarankan membayangkan gambar dibagi menjadi tiga bertiga baik secara vertikal maupun horizontal.

Dengan menempatkan subjek pada salah satu garis tersebut (atau bahkan lebih baik: di mana garis tersebut berpotongan), Anda membuat komposisi yang lebih dinamis. Mengapa? Aturan pertiga mendorong Anda untuk meninggalkan ruang kosong dalam sebuah gambar, yang membantu menarik perhatian ke arah apa yang penting dalam gambar. Jika Anda memotret aksi, cobalah meninggalkan ruang kosong itu ke arah subjek bergerak. Atau, jika Anda memotret seseorang atau hewan yang melihat ke satu sisi atau yang lain, atur bidikan dengan meninggalkan ruang ekstra di mana mereka berada. mencari.

Jangan berhenti memusatkan subjek sepenuhnya. Menempatkan subjek di tengah adalah ide yang bagus jika Anda ingin menunjukkan pola atau simetri, misalnya jika Anda memotret sebuah refleksi. Komposisi tengah juga kadang-kadang menjadi kebutuhan untuk mengisi bingkai (yang akan kita bahas selanjutnya).

Jangan takut mendekat.
Meskipun lanskap yang jauh tentu memiliki tempat (besar) dalam fotografi, sebagian besar fotografer amatir takut untuk mendekat ketika mengisi bingkai dengan subjek yang sebenarnya bisa menjadi teknik yang sangat efektif. Mendekat, melalui zoom yang baik atau dengan kaki Anda, membantu mengaburkan latar belakang dan menampilkan detail. Misalnya, setiap potret tidak boleh berupa foto seluruh tubuh — coba dapatkan hanya kepala dan bahunya. Menjelajahi fotografi makro juga merupakan cara yang baik untuk mengambil foto yang bagus di lokasi yang terasa biasa.
Jelajahi sudut yang berbeda.
Saya menduga bahwa, ketika Anda mengambil foto, Anda memegang kamera hingga ke mata Anda dan memotret, bukan? Tetapi mengambil setiap foto setinggi mata adalah cara yang pasti untuk membuat semua foto Anda terlihat sama. Sebaliknya, cobalah memotret dari sudut yang berbeda dengan memanjat ke tempat yang lebih tinggi, atau hanya berlutut atau duduk. Pertimbangkan apa yang Anda potret saat menjelajahi sudut. Anak-anak dan hewan peliharaan sering kali difoto paling baik di mata mereka, bukan di mata Anda. Memotret dari perspektif rendah juga dapat membuat objek biasa tampak besar dan mengesankan (hanya hati-hati memotret orang dewasa dengan cara ini, pemotretan dari atas-ke-hidung sering tidak terlalu bagus).

Meskipun memanjat ke perspektif yang lebih tinggi seringkali lebih sulit daripada hanya berlutut (atau bahkan berbaring), foto-foto sering sepadan dengan usaha ekstra. Pada satu ekstrem, pandangan mata burung membuat segalanya tampak kecil dan menunjukkan lebih banyak pemandangan. Memotret tepat di atas ketinggian mata menyanjung hampir semua jenis tubuh. Carilah hal-hal di sekitar Anda untuk digunakan seperti tangga dan bangku, atau bawa bangku langkah bersama Anda.

Pelajari kompensasi pencahayaan (atau mode suasana).

Tidak setiap kamera memiliki mode manual yang memungkinkan Anda menyesuaikan pencahayaan, tetapi sebagian besar kamera memiliki kompensasi pencahayaan. (Jika Anda memiliki kamera canggih, mempelajari mode manual akan sangat membantu). Kompensasi eksposur memungkinkan Anda untuk menyesuaikan seberapa terang atau gelap gambar itu tanpa memahami (atau memiliki akses ke) mode manual. Jika gambar Anda terlalu gelap, menggunakan nomor kompensasi eksposur positif akan mencerahkan gambar — untuk gambar yang benar-benar gelap, gunakan angka yang lebih tinggi. Dengan cara yang sama, nilai kompensasi eksposur negatif akan membantu memperbaiki gambar yang terlalu terang. Kompensasi eksposur biasanya ditunjuk oleh simbol dengan tanda + dan -. Jika Anda tidak dapat menemukannya, periksa manual kamera Anda.

Beberapa kamera dasar tidak menawarkan kompensasi pencahayaan, tetapi setiap kamera dasar memiliki mode pemandangan. Menjelajahi opsi-opsi ini adalah cara yang baik untuk mengambil gambar yang lebih baik dengan kamera sederhana. Alih-alih tetap otomatis setiap saat, pilih mode pemandangan untuk gambar tertentu yang Anda ambil. Misalnya, untuk gambar orang, gunakan mode potret. Mode pemandangan dinamai berdasarkan skenario yang dirancang untuknya, seperti Beach, Low Light, atau Pets and Kids. Menggunakan mode pemandangan memberi tahu kamera apa yang Anda potret sehingga dapat memilih pengaturan yang lebih baik daripada yang Anda dapatkan dengan otomatis.

Gunakan tripod untuk cahaya redup.

Baik Anda memiliki point-and-shoot atau DSLR, tripod akan membantu Anda mendapatkan gambar yang lebih tajam dengan mencegah guncangan kamera. Tripod adalah yang paling bermanfaat saat memotret dalam cahaya rendah — seperti di dalam ruang konser atau saat memotret saat senja. Namun, tripod dapat membantu mempertajam bidikan Anda bahkan di siang hari, jadi cobalah satu saat tidak terlalu memberatkan untuk dibawa-bawa.

Gunakan flash dengan cara yang tidak tradisional.

Flash secara tradisional menggunakan adegan gelap terang. Dan sementara saya tidak mengatakan Anda harus berhenti menggunakan flash untuk foto-foto itu, salah satu kegunaan terbaik untuk flash adalah ketika sebenarnya ada terlalu banyak cahaya. Pernahkah Anda mengambil foto di tengah hari yang cerah dan melihat bayangan gelap di bawah mata dan mungkin beberapa bayangan hidung dan dagu yang funky? Menyalakan flash akan membantu mengisi area-area yang gelap (itulah sebabnya teknik ini disebut menggunakan fill flash). Kamera tidak akan melakukannya secara otomatis, tetapi masuk ke menu kamera Anda dan nyalakan mode lampu kilat untuk selalu hidup (kadang-kadang ditunjuk dengan simbol petir). Ingatlah untuk mengaktifkan kembali flash atau auto ketika Anda selesai.

Isi flash juga merupakan teknik yang bagus untuk digunakan ketika cahaya datang dari belakang apa yang Anda potret. Jika Anda keluar mengambil foto dan subjek Anda muncul sebagai siluet, menyalakan flash pengisian akan membantu memperbaikinya. Contoh umum adalah mengambil potret dengan matahari terbenam di latar belakang — karena tidak ada cahaya di depan, wajah akan menjadi gelap tanpa kilatan isian.

Cari cahaya yang bagus.

Kata fotografi, ketika diterjemahkan dari bahasa Yunani, berarti "menulis dengan cahaya." Cahaya sangat penting untuk mengambil foto yang bagus. Fotografer profesional tahu cara memanipulasi cahaya, tetapi Anda tidak harus menjadi pro untuk belajar bagaimana menemukan cahaya yang hebat. Hari terbaik untuk mengambil gambar di luar ruangan sebenarnya adalah pada hari yang mendung — dengan begitu, Anda tidak mendapatkan bayangan yang funky dan tidak perlu mengisi flash. Dalam cuaca apa pun, satu atau dua jam sebelum matahari terbenam dan satu atau dua jam setelah matahari terbit adalah saat yang tepat untuk mengambil gambar. Dengan memotret saat cahaya bagus pada hari berawan atau sebelum matahari terbenam, akan lebih mudah untuk mendapatkan gambar yang bagus tanpa banyak pengetahuan teknis.

Saat mengambil gambar di dalam, jika bisa, atur melalui jendela yang menghadap ke utara atau selatan. Karena matahari terbit dan terbenam, jendela yang menghadap ke utara dan selatan akan memiliki cahaya yang luar biasa setiap saat sepanjang hari. Bidik dengan jendela ke satu sisi atau di belakang Anda. Berhati-hatilah untuk tidak memotret dengan jendela langsung di depan kamera — itu adalah pengaturan pencahayaan yang membutuhkan pengetahuan lanjut untuk benar-benar mendapatkan yang benar.

Praktek.

Satu hal yang sama-sama dimiliki oleh fotografer hebat? Banyak pengalaman. Semakin banyak foto yang Anda ambil, semakin banyak keterampilan fotografi Anda akan meningkat. Coba jaga kamera Anda di sisi Anda ke manapun Anda pergi, dan potret apa pun yang menginspirasi Anda. Ketika Anda melihat foto-foto Anda, pikirkan apa yang tidak Anda sukai darinya, sehingga lain kali Anda dapat mengubahnya. Berlatih dengan berbagai skenario, di dalam ruangan dan di luar ruangan dan dengan objek bergerak dan diam, misalnya.

Get feedback.

Salah satu cara terbesar fotografer pemula untuk meningkatkan gambar mereka adalah untuk mendapatkan feedback. Bukan feedback dari ibumu (atau siapa pun yang selalu hanya akan menyebutkan hal-hal baik), tetapi feedback dari orang lain yang juga tertarik pada fotografi. Jika Anda tidak memiliki teman yang menjadikan fotografi sebagai hobi, bergabunglah dengan komunitas fotografi daring dan bagikan gambar terbaik Anda di dalam forum dan minta feedback. Dengan mendapatkan input pada gambar Anda, Anda dapat mengetahui apa kekuatan Anda dan apa yang perlu Anda kerjakan. Hanya saja, jangan terlalu berkecil hati pada komentar negatif, semua orang mulai di suatu tempat.

Saat ini, hampir semua orang memiliki kamera, baik itu smartphone atau DSLR mewah. Dan saat mendapatkan kamera canggih akan memberikan fleksibilitas lebih dengan mode manual dan resolusi lebih tinggi, Anda dapat belajar cara mengambil gambar yang bagus dengan kamera apa pun dengan mengerjakan aspek seperti komposisi dan sudut, serta belajar menemukan cahaya yang baik. Sekalipun fotografi tidak pernah menjadi hobi serius bagi Anda, Anda akan memiliki gambar kenangan Anda yang lebih baik untuk dilihat kembali — dan itu adalah sesuatu yang benar-benar berharga.



Source : https://digitalcamera-hq.com

x

Disorot soal Mobil Dinas Rp 1,9 M, Bupati Pandeglang Sedang di Jakarta




Jakarta - Pembelian mobil dinas baru untuk Bupati Pandeglang Irna Narulita seharga Rp 1,9 miliar tengah mendapat sorotan. Suami Irna, Dimyati Natakusumah mengatakan Irna sedang berada di Jakarta.

"Bu Irna sekarang lagi besuk orang tuanya yang lagi sakit di RS di Jakarta," ujar Dimyati kepada wartawan, Selasa (12/3/2019).

Mobil dinas yang dibeli Pemerintah Kabupaten Pandeglang berjenis Land Cruiser Prado. Dimyati mengatakan, mobil jenis SUV itu diperlukan mengingat kondisi geografis Pandeglang dan memastikan mobil Land Cruiser Prado tidak dipakai untuk keperluan pribadi.
"Mobil itu sebagai fasilitas dan tidak hanya digunakan Bu Irna, tapi untuk tamu negara. Banyaklah. Sehingga diperlukan kendaraan. Memang harganya mahal, kalau lihat di media Rp 1,9 miliar. Kalau lihat harganya terlalu tinggi sih, tapi sudah dibeli. Yang penting tidak boleh jadi milik sendiri, karena ini mobil pemerintah, mobil rakyat," ujar eks Bupati Pandeglang dua periode ini.

Pengadaan mobil Land Cruiser Prado, kata Dimyati, sudah mengacu pada Permenkeu Nomor 76/PMK.06/2015 yang disebutkan silinder maksimal untuk mobil kelas SUV adalah 3.500 cc.

"Itu mobil nggak jadi milik (pribadi), itu mobil rakyat, fasilitas. Karena di peraturannya itu cc, aturannya 3.500 cc. Speknya sama, kalau melebihi cc yang ditentukan, saya kan membuat peraturan UU, waktu membuat UU begitu, jelas aturannya. Masalah harga mobil, disesuaikan dengan mobilnya. Kan yang ditentukan bukan nilainya, tapi cc-nya," jelas Dimyati.
Pembelian mobil Land Cruiser Prado seharga Rp 1,9 miliar ini sebelumnya dikritik Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) UGM. Alasannya, Pandeglang termasuk kabupaten termiskin di Provinsi Banten.

"Kebijakan ini jelas tidak sensitif sosial. Tidak peka pada situasi kemiskinan di daerahnya. Sangat disayangkan dilakukan oleh kepala daerah yang harusnya bekerja keras untuk membebaskan masyarakatnya dari kemiskinan bukan malah menikmati fasilitas mewah," kata Ketua Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) UGM Oce Madril kepada detikcom, hari ini.

Kritikan juga datang dari Anggota DPRD Pandeglang dari F-Gerindra Rika Kartikasari. Ia menilai pembelian mobil dinas tersebut tidak penting dan tak masuk akal di tengah suasana berduka pascatsunami, bahkan tingkat kemiskinan daerah yang tinggi.

"Kalau saya, nggak nangkap logika berpikirnya. Di saat rakyat sedang susah pascatsunami, kasus Sindangresmi mencuat soal ada masyarakat ke puskesmas harus ditandu 3 kilometer tapi saat bersamaan bupati beli mobil dinas yang 'wah'," kata Rika saat dihubungi detikcom di Pandeglang, Banten, hari ini.


Sumber : https://news.detik.com

Sebelum dan Sesudah di Balik layar Film-film Hollywood.. full skill















Source : https://digitalsynopsis.com

Wacana Internet Premium dan Kegelisahan Operator Seluler: Mampukah Berinovasi, atau Justru Memukul Diri Sendiri?

  Oleh :  Arnoldus Leo Karra Disaat sedang pemulihan setelah keluar dari RS,   dan menunggu waktu untuk berangkat ke daerah, ikut bergabun...